Merti Desa Kalirejo Salaman Berlangsung Meriah

Dilihat 2638 kali
Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana bersama Forkompimcam Salaman dalan Merti Desa Kalirejo Salaman.

BERITAMAGELANG.ID - Pelaksanaan Merti Desa atau sedekah bumi di Dusun Kalipucung Desa Kalirejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang berlangsung meriah, Minggu (20/10).


Diawali dengan kirab budaya oleh masyarakat setempat, menampilkan kesenian dan hasil bumi berupa tumpeng nasi kuning, sayur mayur, palawija dan buah-buahan. Serta kirab kesenian masyarakat setempat seperti Tari Soreng, Tari Topeng Ireng dan lain sebagainya.


Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana, mengapresiasi kegiatan tersebut, termasuk salah satu tujuan kegiatan itu untuk meminta agar segera turun hujan.


Pada musim Kemarau kekeringan, saat hujan rawan longsor. Hal ini bisa dicegah dengan menanam banyak pohon penyimpan air. Kebetulan di Pemkab Magelang terdapat Bank Pohon, yang bisa memberikan bibit pohon untuk ditanam.


“Apa yang menjadi keurangan bisa dilaporkan kepada pemerintah, agar pembangunan bisa diselesaikan dengan baik, dan kesejahteraan masyarakat meningkat," ucap Edi.


Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Kalirejo, Agus Prasetyo, mengatakan, kegiatan tersebut sejak tiga tahun sudah jadi merti desa, tidak hanya di tingkat dusun.


“Beragam rangkaian Merti Desa mulai dari kirab budaya hingga Wayang semalam suntuk pada malam Selasa besok, semoga dapat menjadikan amal, silahturahim dan makmurnya masyarakat Desa Kalirejo," kata Agus. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar