Paguyuban Kades Mertoyudan Kirim Bantuan Untuk Pengungsi

Dilihat 1437 kali
Paguyuban kepala desa di Kecamatan Mertoyudan, menyerahkan bantuan sembako di Balai Desa Deyangan

BERITAMAGELANG.ID - Sejak kenaikan status Gunung Merapi dari Waspada level II ke Siaga level III, hingga saat ini total sudah ada 795 pengungsi di Kabupaten Magelang. Mereka berasal dari empat desa di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III erupsi Merapi, yakni Desa Krinjing, Paten, Ngargomulyo dan Desa Keningar, semuanya di Kecamatan Dukun. 

Saat ini mereka mengungsi di desa-desa yang menjadi 'saudaranya'. Desa Krinjing ke Desa Deyangan di Kecamatan Mertoyudan sebanyak 126 jiwa, Desa Paten ke Desa Banyurojo dan Desa Mertoyudan juga di Kecamatan Mertoyudan (421 jiwa). Kemudian Desa Ngargomulyo ke Desa Taman Agung di Muntilan dengan 120 jiwa dan Desa Keningar ke Desa Ngrajek di Mungkid dengan 132 jiwa. 

Terkait semakin bertambahnya jumlah pengungsi tersebut, ternyata mengetuk empati dari sejumlah pihak. Tak terkecuali, paguyuban kepala desa se-Kecamatan Mertoyudan dan istrinya. Secara sukarela, mereka berhasil mengumpulkan donasi senilai Rp 9 juta. Selanjutnya, mereka menyalurkannya dalam bentuk sembako.

"Untuk saat ini, kami salurkan ke tiga titik pengungsian. Yakni di Balai Desa Deyangan, Banyurojo dan Mertoyudan. Masing-masing titik senilai Rp 3 juta," kata Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Mertoyudan, Agus Budi Santoso, saat menyerahkan bantuan sembako di Balai Desa Deyangan, Minggu (8/11/2020).

Camat Mertoyudan, Bambang Hermanto, mengapresiasi rasa empati dan semangat gotong royong paguyuban kepala desa dan istri-istrinya, menyerahkan bantuan sembako. 

"Ini adalah bentuk empati dan gotong royong yang perlu dicontoh semua pihak. Dan kami sangat mengapresiasi, karena mesti berada di daerah perkotaan, sikap seperti ini masih sangat tinggi," imbuhnya.

Koordinator Pengungsian di Desa Deyangan, Muh Sumaryatin menyambut baik bantuan yang diberikan. 

"Selain bantuan sembako, kami juga sudah menerima bantuan tenaga (relawan). Tadi pagi, dapur umum kami kedatangan beberapa anggota Polwan dari Polres Magelang. Mereka membantu masak. Ini tentu luar biasa," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar