Pakis Agro Expo Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Dilihat 2117 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Yasin tinjau stand Pakis Agro Expo 2018

BERITAMAGELANG.ID - Mengangkat perekonomian masyarakat melalui pertanian (Agro), Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dukung pemuda Desa Losari, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, menggelar 'Pakis Agro Expo 2018', Sabtu (17/11).

Kegiatan yang diinisiasi para pemuda di Desa Losari ini juga bertujuan mengangkat potensi-potensi desa di bidang agro, dan mengajak para pemuda lebih mencintai pertanian. Pakis Agro Expo 2018 baru pertama kali diselenggarakan dan menurut rencana akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Pakis Agro Expo 2018 dimeriahkan deretan stand UKM yang menampilkan beragam hasil pertanian khas Desa Losari, seperti tomat, kentang, kubis, selada dan masih banyak lagi.

Bupati Magelang sangat mengapresiasi para pemuda Desa Losari karena menginisiasi gerakan cinta pertanian. Pasalnya, minat para pemuda di bidang pertanian saat ini kini sudah mulai luntur.

"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Magelang sangat mengapresiasi spirit anak-anak muda untuk kembali berkiprah di sektor pertanian, karena sektor pertanian ini juga merupakan sektor yang pokok," demikian disampaikan Bupati di sela pameran. 

Bupati menambahkan, wilayah Kabupaten Magelang terdiri dari 21 kecamatan yang berada di lima lereng pegunungan. Maka dengan kondisi tersebut, sektor pertanian menjadi unggulan dan sangat prioritas.

"Di masing-masing wilayah memiliki sektor kekhususan, seperti di Pakis ini kita memiliki sektor sayuran, kemudian untuk di wilayah yang agak datar memiliki sektor buah-buahan, seperti di Salaman dan Borobudur," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini mengungkapkan usaha yang wajib  bagi umat Islam adalah pertanian karena hal tersebut menyangkut kewajiban dan kehidupan bersama.

"Apa yang sudah dipikirkan teman-teman pemuda di Pakis ini untuk mengembangkan sektor pertanian, yakni Urban Farming sudah sangat baik sekali, yang mana dengan cara mendekatkan pertanian dengan rumah kita. Di negara Amerika pun hal ini sudah sangat diminati, selain untuk konsumtif sehari-hari juga untuk menghindari dari bahan-bahan kimia," ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Gus Yasin juga berjanji akan membantu para pemuda di Desa Losari, Pakis, untuk mempromosikan produk-produk pertaniannya.

"Tidak perlu lama-lama, tinggal diperbaiki packagingnya, nanti saya akan membantu untuk memasarkannya melalui media sosial. Sehingga masyarakat banyak nanti bisa melihat bahwa di Pakis ini ada pertanian yang diminati," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar