Pasar Budaya Bumiharjo Promosikan Produk UMKM

Dilihat 1633 kali
Siti Adi Waryanto mewakili Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang, saat membuka Pasar Budaya Desa Bumiharjo

BERITAMAGELANG.ID - Dalam upaya melestarikan seni budaya di Kabupaten Magelang, berbagai macam cara dan upaya dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah. Salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan Pasar Budaya seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Bumiharjo Kecamatan Borobudur, Sabtu (20/8/2022).


Kegiatan yang melibatkan seluruh unsur masyarakat dengan tema budaya dan kearifan lokal serta mengangkat sektor UMKM tersebut dinilai memiliki arti penting dalam upaya melestarikan seni budaya lokal serta meningkatkan penghasilan masyarakat.


“Lebih dari 109 ribu UMKM yang ada di Kabupaten Magelang sedang menuju tren positif setelah lebih dari dua tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang melalui sambutannya yang dibacakan Siti Adi Waryanto, saat pembukaan Pasar Budaya Desa Bumiharjo.


Menurutnya, tren positif tersebut tidak bias lepas dari keselarasan kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat dan daerah dalam pemberdayaan usaha mikro yang dipandang dapat memberikan perlindungan dan manfaat bagi pelaku industri kecil.


“Pasar budaya ini adalah sebuah saran yang menggugah, membangkitkan serta memotivasi seni budaya dan UMKM khususnya di Desa Bumiharjo untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam rangkat memperkuat ekonomi kerakyatan,” lanjutnya.


Tim Pelaksana Pasar Budaya Desa Bumiharjo, Sigit Prabowo mengatakan kegiatan Pasar Budaya Desa Bumiharjo merupakan agenda tahunan, dan kegiatan tersebut sudah yang kedua kalinya diadakan.


“Pasar budaya kali ini mengangkat tema Grebeg Telo, karena kita ingin mengangkat Telo atau ubi yang merupakan salah satu komoditas dari warga Desa Bumiharjo,” katanya.


Dirinya berharap acara yang akan digelar selama dua hari tersebut dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait potensi besar yang ada di Desa Bumiharjo salah satunya dalah hasil olahan ketela, sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga dari sektor UMKM.


“Pasar Budaya Desa Bumiharjo untuk hari Sabtu (20/8/2022) menampilkan kesenian lokal dan pasar jajanan tradisional dengan alat pembayaran berupa koin terbuat dari kayu. Dan kegiatan tersebut pada Minggu (21/8/2022) akan ditutup dengan kirab Gunungan Telo atau Grebeg Telo yang dibuat oleh masyarakat,” pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar