Pemuda Dan Warga Karangrejo Milih Bekerja Kembangkan Pariwisata Desa

Dilihat 1581 kali
Gubuk Kopi Karangrejo, melakukan edukasi gula jawa bagi wisatawan, mulai dari pengambilan nira kelapa hingga mengolah menjadi gula.

BERITAMAGELANG.ID - Desa Wisata Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, merupakan  salah satu dari 20 Desa Wisata penyangga aktivitas pariwisata Candi Borobudur yang oleh Unesco ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia. Sebagai desa penyangga, Karangrejo terus mengembangkan usaha yang dikelola Bumdes (Badan Usaha Milik Desa).

"Desa Wisata Karangrejo berintegrasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak pendukung wisata, seperti Pemdes. Bumdes. Pokdarwis. UMKM, Tour Guide. Destinasi Wisata," kata Kader Digital Desa Wisata Karangrejo, Muhammad Amirudin M, di Magelang, Senin (29/8-2022).

Sebagai desa penyangga pariwisata, maka desa wisata Karangrejo didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang pariwisata, karena mayoritas anak-anak muda mineleal dilibatkan dalam pengelolaan usaha wisata tersebut, terutama yang mengelola Bumdes dan tour guide.

Hal itu,  lanjut Amirudin alumni UIN Yogyakarta itu, adalah demi mewujudkan pelayanan yang maksimal, karena Desa Wisata Karangrejo memiliki beberapa produk ekraf seperti batik. wedang rempah. Jetkolet. cetak patung. ukir bambu dan produk gula jawa.

Selain itu, juga menyediakan hunian bagi wisatawan, yakni hunian wisata (homestay), juga terdapat edukasi pembuatan gula jawa dan produk olahannya, mulai dari pengambilan nira. memasak. mencetak sampai jadi produk. Edukasi gula jawa berada di Gubuk Kopi Karangrejo.

"Produk gula jawa, cukup diminanti para wisatawan, terutama wisatawan asing yang ingin mengetahui proses produksinya, mulai dari pengambilan nira kelapa hingga proses pengolahan hingga menjadi gula jawa," jelasnya.

Desa Wisata Karangejo,  berjarak  sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Untuk itu, Bumdes Karangrejo juga mengelola transportasi wisata  baik  kendaraan Jeep maupun VW Safari untuk keliling desa,  karena Desa Wisata Karangrejo memiliki beberapa destinasi unggulan,  seperti Punthuk Setumbu. Bukit Rhema dan Bukit Barede.

Desa Wisata Karangrejo, terus  berupaya untuk selalu berinovasi dan regenerasi dengan menyiapkan kader muda yang siap terjun ke dunia pariwisata. “Karangrejo memiliki berbagai atraksi wisata, seperti kesenian tradisional, workshop kerajinan, edukasi UMKM, kunjungan destinasi dan tradisional farming.

Guna peningkatan sumber daya manusia, Desa Karangrejo bekerja sama dengan csr Pertamina Gas Negara dalam pembuatan dan pengelolaan GASBLOCK PGN Karangrejo, dan juga Balkondes PGN Karangrejo. Dengan berkembangnya wisata di Desa Wisata Karangrejo. Banyak para pemuda dan warga yang akhirnya bekerja di bidang pariwisata.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar