Hari Kesehatan Nasional, Kadinkes Dorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Dilihat 2167 kali
Pelepasan Burung Merpati oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti, SKM., M.Kes. didampingi Direktur RSUD Muntilan Dr. M. Syukri, MPH menandai puncak peringatan HKN ke 54

BERITAMAGELANG.ID - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tingkat Kabupaten Magelang dipusatkan di Lapangan Pemda / Pasturan, Muntilan, Senin (12/11). Upacara berlangsung khidmat dipimpin Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti, SKM., M.Kes.

Pada tahun ini HKN ke 54 mengambil tema 'Aku Cinta Sehat' dengan subtema 'Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita'. Tema tersebut sejalan dengan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang menekankan pada kesadaran setiap individu untuk meningkatkan perilaku hidup sehat.

Pelepasan burung merpati oleh Plt. Kepala Dinkes didampingi jajaran Forkopimcam Muntilan menandai puncak acara tersebut.

"Peringatan HKN ke 54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotif preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitasi," papar Retno dalam sambutan Menteri Kesehatan yang dibacakan di sela acara.

Retno menambahkan, peringatan HKN yang ke 54 bertepatan dengan empat tahun pemerintahan Jokowi-JK dan patut disyukuri berbagai program kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat direfleksikan melalui hasil-hasil pembangunan kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan.

"Dalam kaitan peran pemerintahan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan melalui perlindungan finansial telah dibayarkan iuran bagi pemerima bantuan iuran yakni 87,8 juta jiwa pada tahun 2015 menjadi 92,3 juta jiwa; fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menerima layanan JKN dari 19.969 pada tahun 2015 menjadi 21.763 pada tahun 2017; untuk fasilitas tingkat kelanjutan juga mengalami peningkatan dari 1.847 faskes pada tahun 2015 menjadi 2.292 pada tahun 2017," bebernya.

Lebih lanjut Retno mengajak jajarannya mengobarkan semangat melayani dan semangat menangkap aspirasi dari masyarakat. Ia menyadari keberhasilan program kesehatan tidak terlepas peran serta masyarakat dan lintas sektor terkait, oleh karena itu Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat.

"Dengan Germas kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk  bangsa Indonesia yang kuat," tandasnya.

Dalam acara tersebut juga diberikan penghargaan ODF (Open Defecation Free) kepada Puskesmas Kecamatan Windusari; dan Juara 3 lomba memasak menu sehat dalam rangka Perkemahan Antar Satuan Karya Pransaka 7 Jawa Tengah tahun 2018 atas nama Desi Nusullaili, Sucimiftahul Janah, Lailatul Syahrul Rahma, Galih Ridho Prasetyo, Samsul Maarif, dan Iqmal Dwi Dharmawan, yang secara simbolis diserahkan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang.

Adapun peserta upacara terdiri dari jajaran dan karyawan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah sakit swasta, Puskesmas dan Organisasi Profesi Kesehatan. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar