Saat Libur Lebaran 2024, Pengelola DTW Diharap Siap Sambut Wisatawan Dengan Aman Nyaman

Dilihat 1002 kali
obyek wisata air di Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID-Dalam rangka mengadapi libur Hari Raya Fitri tahun 2024, Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) diharap membuat persiapan sehingga dapat menyambut wisatawan dalam suasana kondusif, aman dan nyaman.

Demikian harapan Pemerintah Kabupaten Magelang kepada Pengelola DTW dalam rangka menghadapi libur Hari Raya Idhul Fitri 2024 yang disampaikan dalam Surat Edaran nomor : 556/780/19/2024. Surat edaran itu ditandatangani oleh Sekretaris Daerah, Drs. Adi Waryanto pada tanggal 25 Maret 2024.

Surat edaran dipandang cukup relevan mengingat Kabupaten Magelang saat ini sektor pariwisata telah berkembang lebih maju. Lebih-lebih di wilayah ini terdapat magnet wisata yang mendunia, yaitu Candi Borobudur.

Surat edaran dari Pemerintah Kabupaten Magelang itu berisi perintah agar pengelola DTW membuat sebelas kegiatan dalam rangka menyambut libur Hari Raya idhul Fitri 2024.

Persiapan itu antara lain; Pertama, menerapkan sapta pesona dan CHSE pada usaha pagiwisata (termasuk pusat kuliner, pusat oleh oleh dan rest area). Kedua, Pengelola DTW menyediakan fasilitis istirahat yang layak bagi kru transportasi.Ketiga, Pengelola DTW agar meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan terhadap sarana dan prasarana vital di DTW.

Keempat, Pengelola DTW melakukan pengawasan ekstra terhadap wahana wisata yang tidak memiliki standar spesifikasi teknis (rakitan). Kelima, Pengelola DTW air yang belum memiliki petugas penyelamat diharap kordinasi dengan BPBD. Keenam, melakukan langkah antisipatif terhadap gangguan keamanan (parkir liar, Pak Ogah, dan premanisme pedagang asongan).

ketujuh, Pengelola DTW agar selalu meng update informasi cuaca dari BMKG. Kedelapan, Pengelola DTW diharapkakan dapat mengatur pergerakan wisatawan agar tidak terjadi penumpukan wisatawan pada saat liburan. Kesembilan, melakukan pengelolaan sampah agar tidak mengganggu daya tarik wisata.

Kesepuluh, Pengelola parkir agar memberikan karcis dengan harga wajar pada wisatawan dan yang  Kesebelas, Pengelola DTW wajib memberi layanan call center 112 untuk Kabupaten Magelang.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar