Saka Pariwisata Borobudur Bentuk Generasi Milenial Dengan Kesenian Tradisional

Dilihat 2669 kali
Saka Pariwisata Syailendra Borobudur Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Gugus Depan Gerakan Pramuka Satuan Karya (Saka) Pariwisata Borobudur Kabupaten Magelang terus berkarya. Saka Pariwisata teritorial Syailendra ini dibina oleh Taman Wisata Candi Borobudur dan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang.


Pamong Saka Syailendra, Agus Sumadyono (Kak Madyo) mengatakan, selain membentuk karakter, Saka Pariwisata Borobudur ini juga menjadi sarana apresiasi generasi milenial agar lebih mengenal sejarah Candi Borobudur.


"Mereka generasi muda yang membantu kegiatan kepariwisataan terutamanya Candi Borobudur, tentunya menjauhkan mereka dari kegiatan negatif, narkoba dan Miras," kata Madyo, Senin (22/7).


Saka Pariwisata Borobudur memiliki sejumlah kegiatan diantaranya, kepramukaan, pariwisata, pengetahuan umum dan seni budaya. 


Bersama sanggar seni tradisional Patmawarih Borobudur, pramuka Saka Pariwisata Syailendra juga rutin berlatih seni Kethoprak.


"Mudah-mudahan ke depannya Saka Pariwisata Borobudur ini dapat bersaing dengan Saka Pariwisata dari daerah lain," harapnya.


Banyak prestasi telah diraih Saka Pariwisata Borobudur, diantaranya tiga kali menjadi juara umum di Kemah Budaya tingkat Provinsi Jawa Tengah, juara 2 Pentas Kethoprak dalam festival budaya Kabupaten Magelang dan sebagainya.


"Kita sedang mempersiapkan kemah Witakarya kedua Tingkat Jawa Tengah tahun 2020. Kegiatan rencana di bulan November," kata dia.


Sejak dibentuk 2010 silam, hingga saat ini anggota pramuka Saka Pariwisata Syailendra mencapai 200 lebih. Mereka berasal dari berbagai sekolah di Kabupaten Magelang.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar