Tingkatkan Kualitas Oksigen, Bupati Magelang Tanam Ribuan Bibit Pohon

Dilihat 2839 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin menggelar aksi penanaman ribuan pohon dan bersih sungai dalam rangka memperingati Hari Pengurangan Emisi CO2 Internasional dan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 di kawasan mata air Tuk Gong, Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Sabtu (28/1/2023).


Zaenal Arifin mengatakan, melalui gerakan penanaman pohon ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas oksigen yang lebih baik, serta menambah nilai amal jariyah.


"Kalau tanaman yang kita tanam tumbuh besar dan bisa menghasilkan oksigen yang bisa dihirup semua makhluk hidup, serta menanam pohon di pinggiran sungai dan bisa mengeluarkan air yang bisa bermanfaat banyak untuk kehidupan di dalam air seperti kepiting, ikan, dan lain sebagainya, ini yang dinamakan jariyah," ungkap Zaenal.


Dalam momentum Hari Peduli Sampah Nasional, Zaenal menjelaskan, sesuai data yang diperoleh, bahwa satu orang paling tidak minimal mengeluarkan 0,5 kg sampah, apabila dikalikan dalam jumlah penduduk Kabupaten Magelang kurang lebih 1,3 juta jiwa, maka terdapat hampir 650 ton sampah setiap harinya.


"Ini membutuhkan pemikiran dan kerja bareng, kerja gotong royong kita semua dari seluruh pihak agar kita bisa mengurangi potensi-potensi sampah yang ada di sekitar kita" katanya.


Kesempatan kali ini, Zaenal juga mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Magelang untuk merawat sumber-sumber mata air, apabila perlu bisa menciptakan sumber-sumber mata air dengan cara menanam pohon.


"Lestarikan alam kita untuk anak cucu kita, keberlangsungan kita dan untuk kemandirian bangsa. Karena dengan sumber daya alam yang melimpah terutama air ini bisa memproduksi banyak hal dan kita tetap menjaga ketangguhan Bangsa Indonesia yang kita cintai," ujarnya.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Sarifudin menyampaikan tujuan diadakan kegiatan ini untuk mengajak berbagai stakeholder berperan serta aktif dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga sumber mata air melalui gerakan penanaman pohon.


Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain penanaman pohon di sekitar mata air Tuk Gong (karangampel), gerakan kerja bakti bersih sungai di Kali Gono, dan pungut sampah di sekitar Kali Gono.


"Peserta berasal dari instansi pemerintah, swasta, masyarakat dan pegiat lingkungan di wilayah Kabupaten Magelang," paparnya.


Kegiatan penanaman pohon ini sebanyak 1.000 bibit pohon dari DLH yang terdiri dari pohon Aren, Beringin, Pule ,Sengon, Sirsak, Jambu biji, Pucuk merah, Gayam, Asem, akasia, dan cemara udang. Sementara dari CDK Wilayah IX DLHK Provinsi Jawa Tengah sebanyak 200 bibit pohon yang terdiri dari pohon Aren, Gayam, Tabebuya, Alpukat. Ditambah lagi 50 pohon dari PDAM.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar