Wajib Dicoba! Sayur Buntil Lumbu, Makanan Unik Khas Magelang

Dilihat 3052 kali
Buntil Lumbu Sutinah Disajikan Tanpa Siraman Santan

BERITAMAGELANG.ID - Berkunjung ke Magelang tak lengkap rasanya kalau tak mencicipi kulinernya. Ada beberapa makanan menarik yang bisa ditemukan saat wisata kuliner ke Magelang, salah satunya adalah Buntil Lumbu. Buntil lumbu adalah salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di dataran Jawa ini.

Jika pada umumnya buntil berbentuk gumpalan berisikan campuran makanan yang dibalut dengan menggunakan daun papaya. Namun di Magelang, Buntil Lumbu ini disajikan tanpa siraman santan atau olahan kering.

Dalam bahasa Jawa, 'buntil' berasal dari kata 'until-untul' yang berarti bungkusan yang diuntil-until (diikat-ikat). Sehingga makanan ini terlihat seperti bungkusan yang diikat.

Berbahan daun lumbu sawah, masakan tradisional ini mampu bertahan dari dulu hingga sekarang. Pecintanya tak pernah surut meski banyak bersaing dengan makanan baru yang jauh lebih modern.

Buntil sebenarnya datang dalam beberapa macam seperti buntil daun pepaya, buntil daun talas, dan buntil daun singkong.

Tidak susah untuk menemukan penjual sayur buntil, karena sayur ini biasa dijual di warung-warung nasi dan penjual makanan kaki lima. Namun ada salah satu warung yang sudah terkenal akan buntil lumbu ini yaitu Buntil lumbu lapak Sutinah yang berada di Pasar Ngasem.

Sutinah mengaku sudah 14 tahun berjualan buntil lumbu. Daun lumbu yang memiliki daun lebar digulung rapi dan dimasukkan dalam bungkus daun pisang. Diberi sambal terbuat dari parutan kelapa, campuran ikan tongkol, dan potongan cabai pedas. Kemudian diikat menggunakan tali rafia.

Harganya pun sangat terjangkau yaitu satu bungkus isian parutan kelapa dibandrol dengan harga Rp 5 ribu rupiah, sedangkan isian ikan tongkol Rp 8 ribu rupiah.

Dalam sehari, sekitar 20 hingga 25 buntil lumbu Sutinah habis terjual. Terkadang, ia juga melayani pesanan dirumahnya di Dusun Kragilan, Desa Tempak, Kecamatan Candimulyo.

Menyantap buntil lumbu ini akan terasa lebih mantap dengan nasi panas dan peyek teri. jadi makanan ini cocok bagi penyuka makanan pedas dan asam. Jadi tunggu apalagi? Langsung aja datang ke Magelang untuk menikmati lezatnya buntil lumbu Sutinah.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar