Wanurejo Night Market Hidupkan Wisata Malam Borobudur

Dilihat 2460 kali
UNIK. Wanurejo Night Market memiliki Unique Selling Point, mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara karena sisi keunikannya.

BERITAMAGELANG.ID - Sabtu (03/11) malam kawasan wisata Candi Pawon Desa Wanurejo Borobudur, Jawa Tengah ramai diserbu wisatawan local dan mancanegara. Untuk pertama kalinya, Wanurejo Night Market diselenggarakan guna meningkatkan potensi wisata dan perekonomian warga setempat. 

Rangkaian acara dimulai sejak Sabtu sore hingga malam, diantaranya dengan Kirab Budaya Omah Budur, pentas kesenian dan diramaikan stand-stand kuliner jadul potensi Desa Wanurejo.

Rangkaian acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, S.Sos. Acara ini terselenggara atas kerjasama Mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dari Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Studi Industri Perjalanan dengan warga setempat.

"Saya sangat apresiasi program dari kelompok PPM dari STP Bandung bersama masyarakat Wanurejo, semoga ini menjadi awal wisata malam di kawasan Borobudur hidup," ungkap Iwan. 

"Acara ini merupakan pilot project bagaimana menghidupkan wisata malam di daerah Borobudur," imbuh Ketua Panitia Dea Meirizha Putri. 

Mereka menyelenggarakan program ini dengan mengusung konsep 'Unique Selling Point', yakni menjual dengan cara yang unik. 

"Program ini sebenarnya untuk mengangkat hal-hal yang unik di Wanurejo yang kita konsep menjadi sebuah atraksi malam sehingga wisata malam di sini mulai hidup," lanjutnya.

Sebelumnya kelompok mahasiswa tersebut melakukan riset selama di Desa Wanurejo terkait potensi wisata malamnya, dan ternyata hasilnya masih sepi. 

"Sebenarnya beberapa fasilitas dan stakeholder terkait sudah mendukung adanya wisata malam di kawasan Borobudur, namun mungkin dari segi konsep dan perhatian masyarakat kurang memperhatikan," papar Dea. 

Sebanyak 11 orang mahasiswa dan mahasiswi dari STP Bandung ini mengkonsep tempat acara berlatar belakang Candi Pawon sehingga terlihat unik dan menarik. 

"Saya berharap acara ini bukan  pertama dan terakhir, namun bisa berlanjut ke depannya dijadikan agenda rutin oleh pihak terkait," tandasnya.

Wanurejo Night Market sukses pula mengundang para pecinta kopi datang ke sini karena terdapat  sentra coffe luwak pawon khas Magelang. Dimana tertulis 'Silakan Ngopi Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya'. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar