Wisata Libur Akhir Tahun Gunung Telomoyo Semakin Eksotis

Dilihat 3836 kali
Gunung Telomoyo di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pemandangan Gunung Telomoyo di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang menawarkan sensasi sunyi berbalut wajah cantiknya. Sehingga slogan ‘Telomoyo Reborn’ tahun lalu benar-benar sesuai karena wisatawan yang mendaki gunung setinggi 1.894 mdpl tersebut mengalami peningkatan drastis di tahun 2019 ini.


Pintu pos Dusun Dalang, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, mencatat jumlah kunjungan wisatawan dalam satu tahun mencapai 20 ribu orang.


"Tahun 2018 lalu, rata rata sekitar 60an orang per hari," kata Edy Sutrisno, Ketua Pengelola Gunung Telomoyo via Dalangan Ngablak, Sabtu (14/12/2019). 


Menurutnya, kenaikan jumlah wisatawan di Gunung Telomoyo ini tidak lepas dari peningkatan infrastruktur dan fasilitasnya. Selain itu faktor jangkuan ke puncak yang bisa diakses dengan kendaraan. Hanya butuh sekitar setengah jam untuk mencapai puncaknya.


"Fasilitas jalan juga sudah diperbaiki. Saat ini aspal sudah sangat baik hingga menuju ke puncak," ungkap Edy.


Kecamatan Ngablak yang jadi pintu masuk telah dibenahi dan dibangun kawasan wisata oleh pemerintah pusat. 


Dengan membayar retribusi 5 ribu rupiah kita sudah bisa menuju ke puncak Telomoyo. Di sepanjang perjalanan kita akan dibuat takjub dengan pemandangan alam yang sangat indah.


Tak kalah indah suasana di puncaknya, terhampar jejeran lanskap Gunung Andong, Merbabu, Sumbing, Ungaran hingga Sindoro dalam satu pandangan.


“Perkembangan wisata di sini cukup pesat. Kita juga berterimakasih kepada Pemkab Magelang yang juga turut menyelenggaran festival sebagai ajang promosi,” papar dia.


Guna lebih menarik wisatawan Gunung Telomoyo pun berbenah. Pihak pengelola bersama masyarakat setempat kini mulai mempersiapkan berbagai wahana wisata baru diantaranya adalah trip jeep adventure. Dimana, direncanakan tamu yang akan naik ke atas Gunung Telomoyo akan difasilitasi dengan kendaraan jeep. 


Diperkirakan pada liburan akhir tahun ini Gunung Telomoyo akan ramai dikunjungi wisatawan. Karena selain akses yang mudah, pemandangan yang ditawarkan sangat mempesona, dijamin terkesan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar