Budayakan Gemar Membaca, Satu Lagi Penghargaan Akan Diterima Bupati Magelang

Dilihat 1479 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin budayakan gemar membaca pada anak-anak di wilayahnya

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin segera menerima penghargaan di bidang perpustakaan tingkat nasional, Nugra Jasa Dharma Pustaloka. Zaenal ditetapkan sebagai satu-satunya Bupati se Indonesia yang menerima penghargaan ini.


Penghargaan ini diberikan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI kepada Bupati Magelang atas dedikasi dan dukungannya yang besar bagi kemajuan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca secara terus menerus di wilayahnya. 


Penyerahan penghargaan akan dilaksanakan pada 5 September 2019 di The Ballroom Jakarta Theather.


Bupati Magelang Zaenal Arifin mengaku bangga dinobatkan sebagai yang terbaik dalam menerima penghargaan ini. Menurutnya, perpustakaan merupakan ladang menebarkan ilmu dan bersedekah.


"Kita bisa bermanfaat bagi orang lain dengan keberadaan perpustakaan, kita bisa memanfaatkan setiap koleksi buku yang ada.


Melihat perkembangan dunia informasi saat ini yang begitu pesat, apabila kita tidak memberdayakan perpustakaan maka pasti kita akan ketinggalan," ujarnya.


Koordinator penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka  dari Perpustakaan Nasional RI, Remon, menjelaskan ini adalah penghargaan tertinggi di bidang perpustakaan. 


"Setelah kami melakukan penilaian dengan instrumen yang ada, juga seleksi dari berbagai tim independen dan juri, Bupati Magelang berhak dan layak menerima penghargaan ini. 


Dan tadi kami sudah menyampaikan kepda beliau agar bisa hadir di acara Gemilang Perpustakaan Nasional," ujar Remon.


Remon melanjutkan, Perpusnas RI melihat kiprah para kepala daerah sejak 2014, dan yang diusulkan dari Perpusda adalah Bupati Magelang.


"Dan terbukti beliau bisa menganggarkan puluhan milyar untuk pembangunan gedung perpustakaan dan akan ada tindak lanjut lagi," kata dia.


Selain Bupati Magelang, penghargaan ini juga akan diberikan kepada masyarakat, jurnalis, media massa dan Life Achievement Award sebagai bentuk apresiasi tertinggi atas dedikasi dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta peningkatan budaya gemar membaca di Indonesia.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar