Bupati Magelang Dorong Realisasi Ruang Isolasi Covid-19 Terpusat

Dilihat 1714 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sesuai laporan Dinas Kesehatan, penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang mengalami tren penurunan. Hal ini diungkapkan Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka membahas Isolasi Terpusat, Rabu (18/8/2021) di Rumah Dinas Bupati Magelang.


"Sampai hari kemarin (17/8/2021) kita masih dalam posisi terkonfirmasi 655 pasien, tentunya ini masih dalam batas yang harus terus kita upayakan untuk dilakukan penekanan tanpa mengurangi upaya-upaya yang sudah dilakukan sebelumnya," kata Zaenal.


Dalam hal ini, Zaenal juga mengharapkan agar jajarannya segera merealisasikan isolasi terpusat untuk mendorong upaya yang lebih maksimal dalam mencegah penularan Covid-19 pada rumah tangga. 


"Apalagi kita sudah melakukan upaya peminjaman Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) sampai ke Kementerian Kesehatan dan sudah diberikan izin, maka kita harus bisa memaksimalkannya di samping kita juga memiliki Rumah Sakit Candi Umbul, Menoreh dan sebagainya. Saya berharap terkait isolasi terpusat ini kita bisa bekerja sama dengan TNI dan Polri, soal anggaran nanti kita bisa gunakan dana Belanja Tak Terduga (BTT) dari BPBD," ujarnya.


Zaenal juga sangat berharap agar Kabupaten Magelang bisa turun pada level II bahkan I sehingga kegiatan masyarakat bisa kembali berjalan meskipun tetap harus memperhatikan Protokol Kesehatan secara ketat. 


Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto melaporkan, sesuai arahan Bupati Magelang, pihaknya telah menindaklanjuti untuk menyediakan bangunan/gedung yang akan digunakan sebagai tempat isolasi terpusat, dengan memanfaatkan melalui pinjam pakai bangunan gedung di Asrama Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di Kecamatan Salaman. 


Perjanjian pinjam pakai sendiri sudah ditandatangani pada 12 Juli 2021. Di Bapelkes sendiri tersedia sejumlah 45 kamar dengan kapasitas 95 tempat tidur yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk isolasi terpusat. 


"Apabila nanti masih dibutuhkan kita sudah menyediakan alternatif berikutnya yaitu menggunakan Rumah Sakit Bukit Menoreh dan juga Rumah Sakit Candi Umbul," jelas Adi Waryanto.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar