Bupati Magelang Resmikan RSUD Bukit Menoreh Salaman dan RSUD Candi Umbul Grabag

Dilihat 1908 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat meresmikan RSUD Bukit Menoreh Salaman dan RSUD Candi Umbul Grabag.

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Handayani meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bukit Menoreh Salaman dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Candi Umbul Grabag yang bertempat di RSUD Bukit Menoreh Salaman, Kamis (28/12/2023). 

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan hadirnya RSUD Bukit Menoreh Maupun RSUD Candi Umbul ini bisa memberikan kemanfaatan pelayanan kesehatan seluas-luasnya kepada masyarakat Kabupaten Magelang. Pembangunan RSUD ini menjadi salah satu program strategis pembangunan bidang kesehatan Kabupaten Magelang yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Magelang Tahun 2019-2024. 

"Hal ini selaras dengan perkembangan teknologi yang kian pesat dan telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang kesehatan, yang mana kemajuan teknologi telah memberikan berbagai kemudahan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata Zaenal.

Lebih lanjut, Zaenal menjelaskan, Kabupaten Magelang menjadi salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, maka kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Magelang juga semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Untuk itu, hadirnya RSUD Bukit Menoreh dan RSUD Candi Umbul ini, menjadi salah satu solusi guna untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Magelang yang semakin terus meningkat.

"Dengan diresmikan-nya RSUD ini, juga sebagai tanda, bahwa kita siap untuk menjawab tantangan kesehatan masa depan, sebagai kekuatan yang diharapkan mampu membawa transformasi positif dalam pelayanan kesehatan masyarakat," ujar Zaenal.

Meskipun begitu, Zaenal berpesan kepada seluruh civitas RSUD Bukit Menoreh dan RSUD Candi Umbul, untuk terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, menciptakan inovasi, dan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Sunaryo menyampaikan, Rumah Sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Tujuan kegiatan peresmian RSUD Bukit Menoreh dan RSUD Candi Umbul adalah agar rumah sakit dapat memberikan pelayan kesehatan kepada masyarakat baik kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan serta mewujudkan RPJMD Kabupaten Magelang tahun 2019-2024.

Perlu diketahui, Perjalanan RSUD Bukit Menoreh dan Candi Umbul dimulai sejak tahun 2016 dengan disusunnya Feasibility Study (Studi kelayakan), DED, serta master plan Rumah Sakit. Izin mendirikan RSUD Bukit menoreh diperoleh tahun 2020 berdasarkan SK Bupati Magelang Nomor 180.182/71 KEP/05/2020, tentang izin mendirikan Rumah Sakit Daerah Bukit Menoreh Kabupaten Magelang. 

Selanjutnya tahun 2021 RSUD Bukit Menoreh dan Candi Umbul menjadi UOBK (Unit Organisasi Bersifat Khusus) pada Dinas Kesehatan dan penunjukan serta pelantikan manajemen RSUD Bukit Menoreh dan Candi Umbul dilaksanakan pada 12 Januari 2023. Seiring berjalannya waktu, komitmen untuk pemenuhan Rumah Sakit terus dilakukan sampai dengan saat ini.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar