Dinas Kesehatan Gelar Rapid Tes di Pemda, Hasilnya Non Reaktif

Dilihat 1214 kali
BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah pejabat dan wartawan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang mengikuti Rapid Test Covid-19 di Ruang Cemerlang, Senin (8/6/2020). Dari rapid test tersebut diketahui seluruh hasilnya non reaktif.

"Rapid Test pagi ini kita berikan kuota sebanyak 84 khususnya bagi para pejabat di lingkup Setda, ditambah beberapa rekan wartawan dan para tenaga yang berhubungan langsung dengan masyarakat di lingkup setda juga. Mudah-mudahan hasilnya sehat semua," kata, Retno di sela rapid test.

Menurut Retno, tujuan utama rapid test tersebut adalah sebagai screening awal untuk melihat kondisi antibodi sebelum dilakukan pemeriksaan lanjutan apabila terjadi hasil yang reaktif.

"Jadi nanti akan muncul 2 kategori yakni reaktif dan non reaktif. Bagi yang reaktif, akan kita tindak lanjuti dengan pemeriksaan lanjutan berupa pengambilan swab yang akan kita kirimkan hasilnya ke laboratorium," paparnya.

Dinas Kesehatan akan melakukan Rapid Test sebanyak 7.000 sasaran di wilayah Kabupaten Magelang. Sampai 6 Juni 2020 sudah terlaksana sebanyak 2.749 sasaran meliputi kontak erat, tenaga kesehatan, dan masyarakat (diwakili dari pasar Muntilan dan Salaman). 

"Dari jumlah 2.749 sasaran yang dinyatakan reaktif sebanyak 223, kemudian yang diswab dengan hasil positif sebanyak 105. Jadi Rapid Test ini dilaksanakan sudah sejak awal sekali atau dari kasus pertama pasien positif Corona dari Kecamatan Tegalrejo itu (awal bulan Maret)," ungkapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar