Disparpora Kabupaten Magelang Gelar Pembinaan bagi Pengelola Homestay

Dilihat 446 kali
Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Mulyanto memberikan pembinaan kepada para pengelola homestay di Balkondes Kebonsari, Borobudur.

BERITAMAGELANG.ID - Kepariwisataan Indonesia terus dikembangkan agar mampu mendorong kegiatan ekonomi dan meningkatkan citra Indonesia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal khususnya masyarakat di destinasi pariwisata, serta memberikan perluasan kesempatan kerja.


Dalam rangka menciptakan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Magelang, diperlukan upaya penguatan kapasitas SDM pelaku wisata dalam mengelola usahanya.


Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Mulyanto mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan kepada pelaku wisata di Kabupaten Magelang, terutama para pengelola homestay/pondok wisata.


"Selain itu pembinaan homestay juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kemampuan para pengelola homestay dalam melakukan pengelolaan dengan baik," ujar Mulyanto saat pembinaan homestay se-Kabupaten Magelang, di Balkondes Kebonsari, Borobudur, Rabu (22/11/2023).


Menurutnya, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola usaha homestay/pondok wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.


"Melalui kegiatan ini diharapkan agar pengelolaan homestay bisa dilakukan lebih maksimal lagi sehingga wisatawan yang hadir di Kabupaten Magelang bisa betah dan bisa berlama-lama berada di Kabupaten Magelang sehingga uang bisa berputar di Kabupaten Magelang," pungkasnya.


Kepala Bidang Industri Pariwisata pada Disparpora Kabupaten Magelang, Arif Rahman Hakim, menambahkan, dalam rangka mencapai tujuan tersebut, diperlukan program pembinaan dengan sasaran pelaku wisata untuk meningkatkan kapasitas atau kompetensinya dalam mengelola usaha pariwisata di wilayah Kabupaten Magelang.


Peserta pembinaan berasal dari pengelola homestay di wilayah Kecamatan Borobudur, dengan jumlah 45 orang peserta dan diutamakan yang belum pernah mengikuti kegiatan serupa.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar