Dusun Pulosari Salam Siapkan Rumah Warga Untuk Karantina Pemudik

Dilihat 3584 kali
Tim Gugus Penanganan Covid 19 Dusun Pulosari Desa Jumoyo Kecamatan Salam mensurvei rumah warga yang layak untuk dijadikan tempat karantina pemudik

BERITAMAGELANG.ID - Untuk mencegah penularan virus Corona, karantina mandiri bagi warga dari luar Dusun Pulosari Desa Jumoyo Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, sudah dilakukan sejak satu minggu ini. 


Humas Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari Jumoyo, Edwar Alfian mengatakan, bulan Maret lalu saat terjadi kasus kremasi jenazah dengan status positif Covid 19 di Gremeng Dusun Remame Jumoyo, ada sembilan warganya yang terlibat, sehingga harus karantina mandiri.


"Akhirnya di karantina mandiri dengan tertib dan hasilnya dinyatakan sehat kesembilan orang tersebut," ucap Edwar Alfian, Rabu (29/4).


Belajar dari kejadian itu, Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari, melakukan karantina atau isolasi untuk warga yang pulang dari luar daerah. Untuk saat ini yang dikarantina ada 12 orang. Dengan rincian tiga orang mudik dan atau bepergian dari zona pandemi. Dan sembilan lainnya karantina mandiri di rumah masing-masing.


Tiga orang pemudik dikarantina di tempat khusus, yakni salah satu rumah warga yang tidak ditempati, memiliki banyak kamar dan layak.


"Karantina mandiri satu keluarga beranggotakan tiga orang, satu keluarga anggota lima orang, dan satu orang karantina mandiri di rumah yang disekat agar pihak keluarga tidak bersentuhan dengan orang tersebut," papar Edwar.


Menurut Edwar, untuk warga yang melakukan karantina, dan tidak mampu atau dalam keterbatasan, disediakan kebutuhan pokok seperti beras dan mie instan, termasuk masker.


"Untuk warga yang mampu tidak dibantu terkait kebutuhan bahan pokok," kata dia.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar