Empat Dari Tujuh Pasien Positif Dari Kaliangkrik, Sembuh

Dilihat 2330 kali

BERITAMAGELANG.ID - Tujuh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya negatif, Jumat (14/8/2020). Empat diantaranya, berasal dari Kecamatan Kaliangkrik dan masing-masing satu pasien dari Kecamatan Mertoyudan, Secang dan Tegalrejo. Hanya saja, hari ini ada satu pasien positif yang meninggal, berasal dari Kecamatan Kaliangkrik.


"Satu pasien positif yang meninggal itu, adalah seorang perempuan berusia 68 tahun. Sebelumnya, almarhum dirawat di RSUD Tidar sejak tanggal 29 Juli kemarin. Hasil swabnya, dinyatakan positif. Untuk saat ini, almarhum sudah dimakamkan di tempat makam umum di desanya, dengan protokol kesehatan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Dengan tambahan tujuh orang sembuh dan seorang meninggal itu, lanjut Nanda, jumlah akumulasi pasien terkonfirmasi positif hingga saat ini ada 199 orang. "Rinciannya 15 dirawat, enam menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan dan desa. Kemudian ada 171 sembuh dan tujuh meninggal," lanjutnya.


Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada delapan yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Bandongan, Srumbung, Tegalrejo, Tempuran, Windusari, Kajoran dan Kecamatan Mertoyudan ada dua orang. Meski demikian, hari ini ada lima PDP baru. Mereka berasal dari Kecamatan Bandongan, Pakis, Grabag, Muntilan dan Kajoran.


"Dengan tambahan lima baru dan delapan sembuh itu, jumlah kumulatif PDP ada 417 orang. Mereka terdiri dari 15 dirawat, 353 sembuh dan 49 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), masih ada 15 yang dipantau," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar