Empat Kali, Christanti Handayani Raih Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional

Dilihat 437 kali
Christanti Handayani menerima Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 Kategori Wiyata Dharma Madya dalam rangka mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

BERITAMAGELANG.ID - Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin kembali meraih Anugerah Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023 kategori Wiyata Dharma Madya dari Kemendikbud Ristek. Penghargaan diserahkan oleh istri Wakil Presiden, Wury Ma’ruf Amin di Mercure Convention Centre Ancol, Jalan Pantai Indah, Ancol, Jakarta, Rabu (8/11/2023).


Sebelumnya, Christanti Handayani, juga berhasil mendapat penghargaan sebanyak 3 kali pada 2017, 2019, 2021. Sehingga ia telah mendapat empat kali penghargaan hingga tahun ini, setelah 10 tahun mengabdi sebagai Bunda PAUD Kabupaten Magelang. Tanti, sapaan akrabnya, dinilai mendukung Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. 


Tanti menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Terutama kepada Kemendikbudristek yang telah memberikan Apresiasi Bunda PAUD Kabupaten Magelang.


Lebih lanjut Tanti menjelaskan program yang telah dilakukan untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan adalah Tepung, Dunung, Srawung. Tepung artinya mengenal, Dunung artinya memahami atau mengerti masing masing, dan Srawung adalah berkalaborasi bergotong royong mendukung kegiatan ini. 


“Inovasi lain yang kami lakukan adalah dengan membumikan kembali dolanan tradisional anak dalam rangka mengembangkan 6 fondasi anak dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” ujar Tanti.


Sesuai dengan komitmen Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Tanti menemukan tantangan baru saat mensosialisasikan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan bersama Dinas Pendidikan dan Kebuayaan Kabupaten Magelang. Ia mengatakan, terdapat miskonsepsi bahwa anak yang cerdas adalah anak yang sudah bisa baca tulis hitung (calistung) ketika masuk SD. Memasuki masa akhir kepengurusan, Christanti berharap Bunda PAUD selanjutnya dapat berkomitmen dalam menjalankan program-program dan pendidikan di Kabupaten Magelang.



Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, S. Ahmad Husein mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan keempat ini kepada Bunda PAUD Kabupaten Magelang.


"Ini sebuah prestasi yang luar biasa dan merupakan bukti komitmen beliau terhadap pengembangan PAUD di Kabupaten Magelang. Dimana  pada saat ini sedang gencarnya mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, dan beliau sangat berperan untuk mensosialisasikan ke Bunda PAUD desa, Bunda PAUD kecamatan, masyarakat pada umumnya,” kata Husein.


Plt. Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Ditjen PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, Komalasari mengucapkan terima kasih kepada 270 Bunda PAUD tingkat provinsi, kabupaten, dan kota yang dengan penuh antusias serta semangat berpartisipasi mengikuti proses seleksi Apresiasi Bunda PAUD 2023.


“Kami tunggu kehadiran 270 Bunda PAUD untuk kita dapat saling berbagi praktik baik di Jakarta," ujar Plt Direktur PAUD, Komalasari.


Terdapat 42 Bunda PAUD yang menerima Apresiasi Bunda PAUD 2023. Dengan tiga kategori penerima Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023 yaitu Bunda PAUD Provinsi, Bunda PAUD Kabupaten/Kota yang termasuk daerah tertinggal, dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota non-daerah tertinggal yang dinilai berdasarkan pelaksanaan program kerja Bunda PAUD dalam mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.


Kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023 tersebut turut dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo sebagai Bunda PAUD Nasional.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar