Hari Ini Ada Empat Orang Terkonfirmasi Positif Covid 19, Dan Satu Sembuh

Dilihat 3491 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, bertambah empat orang pada Jumat (17/7/2020). Dua diantaranya berjenis kelamin perempuan dan merupakan Tenaga Kerja Kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS). Sedang dua yang lain, berjenis kelamin laki-laki. Namun demikian, hari ini ada satu pasien positif dari Kecamatan Secang yang dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya negatif.


"Dengan tambahan empat dan satu sembuh ini, jumlah kumulatif pasien positif menjadi 151 orang. Rinciannya, enam dirawat, 141 sembuh dan empat meninggal. Untuk tambahan empat orang itu, satu orang berasal dari Kecamatan Muntilan, berusia 27 tahun dan dari Kecamatan Salam juga perempuan berusia 22 tahun. Keduanya merupakan nakes dari RS UNS dan saat ini dirawat di sana (RS UNS)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Untuk dua yang lain, kata Nanda, semuanya berjenis kelamin laki-laki. Satu orang berusia 43 tahun berasal dari Kecamatan Secang. Ia diketahui bekerja di Kabupaten Temanggung. "Satu lagi, berusia 58 tahun berasal dari Kecamatan Sawangan. Dari riwayatnya, ia pernah melakukan perjalanan dari Riau tanggal 19 Juni kemarin dan dari Ponorogo, Jawa Timur pada tanggal 3 Juli 2020 kemarin. Untuk saat ini, ia dirawat di RSA Barat Ponorogo," jelasnya.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), juga ada penambahan satu pasien baru. Ia berasal dari Kecamatan Mungkid. Selain itu juga ada satu PDP meninggal juga dari Kecamatan Mungkid. "Meski demikian, hari ini juga dua PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Ngablak dan Grabag. Dengan tambahan satu PDP baru dan satu meninggal serta dua sembuh itu, pasien yang dirawat tinggal tujuh orang. Untuk jumlah kumulatifnya, menjadi 315 orang. Rinciannya 7 dirawat, 268 sembuh dan 38 meninggal. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), saat ini dari 29 ada satu yang lolos pantau. Sehingga jumlah ODP yang dipantau ada 28 orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar