Hari Bahasa Isyarat Internasional Disambut Antusias di Kabupaten Magelang

Dilihat 2327 kali
Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto membacakan sambutan Bupati Magelang dalam acara Hari Bahasa Isyarat Internasional, di Perpusda, Sabtu (5/10)

BERITAMAGELANG.ID - Komunitas Gerakan Kesejahteraan Untuk Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Kabupaten Magelang, mengadakan acara untuk memperingati Hari Bahasa Isyarat Internasional (HBII) bertema 'Hak Bahasa Isyarat untuk Semua' di Gedung Serbaguna Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) setempat, Sabtu (5/10).


Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, peringatan HBII bertujuan agar para difabel khususnya tuna rungu mendapatkan hak yang sama seperti warga lainnya, salah satunya mendapatkan informasi. Juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya bahasa isyarat.


Pemerintah Kabupaten Magelang terus berupaya untuk menghapus stigma perbedaan antara saudara-saudara yang difabel dan non difabel. 


"Bagaimanapun difabel mempunyai banyak kelebihan dan kapasitas, sehingga mereka juga sama dengan kita sebagai warga negara indonesia dalam mendapatkan hak-haknya," ungkap Adi Waryanto saat membacakan sambutan Bupati Magelang.


Melalui pengenalan bahasa isyarat ini, lanjut Adi, diharapkan kebutuhan akan informasi dan komunikasi bagi masyarakat dapat terpenuhi sejak lahir.


Menurut Adi, dalam pemenuhan akses tersebut dibutuhkan sinergitas dan kerja sama dari berbagai pihak. 


"Dengan cara inilah maka semua pihak maupun masyarakat akan lebih sadar akan arti pentingnya mengenal bahasa isyarat," lanjutnya.


Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerkatin Kabupaten Magelang, Indira mengungkapkan kegiatan ini merupakan yang pertama kali di wilayahnya dan disambut antusias oleh teman-teman disabilitas dari berbagai daerah seperti Yogyakarta dan Temanggung. 


"Agar teman-teman disabilitas lebih berkembang lagi, terutama dalam hal berkomunikasi dengan banyak orang dan bisa menyerap lebih banyak ilmu," harapnya.


Acara tersebut juga sekaligus pengenalan pengurus DPC Gerkatin Kabupaten Magelang. Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan hiburan pantomim dari komunitas Gerkatin.


Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Dispuspa, Mashadi, Forkopimcam Muntilan, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerkatin Provinsi Jawa Tengah, Teguh Santoso dan puluhan anggota serta pengurus Gerkatin Kabupaten Magelang.


Hari Bahasa Isyarat Internasional diresmikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada 23 September 2017 dan diperingati sejak 2018. HBII ditetapkan pada tanggal tersebut karena bertepatan dengan kongres pertama tuli dunia pada 23 September 1951 di Italia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar