Hari Ini Zero Penambahan Pasien Positif, Tetapi Ada Tujuh Pasien PDP Sembuh

Dilihat 1128 kali
ilustrasi. avrist.com

BERITAMAGELANG.ID - Hari ini Sabtu (8/8/2020), tidak ada penambahan (zero) pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang. Sehingga jumlah yang dirawat dan menjalani isolasi mandiri, tetap 29 orang. Namun demikian, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 12 orang. Hanya saja, ada tujuh PDP yang dinyatakan sembuh.


"Tambahan PDP baru sebanyak 12 itu, tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Mertoyudan, masing-masing dua orang dari Secang dan Dukun, serta masing-masing satu orang dari Kecamatan Windusari, Bandongan, Tempuran, Tegalrejo, Borobudur. Sedang tujuh PDP yang dinyatakan sembuh itu, berasal dari Kecamatan Candimulyo, Salaman, Windusari, Srumbung dan dua orang dari Kecamatan Kaliangkrik," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Untuk PDP ini, lanjut Nanda, jumlah akumulasinya menjadi 385 orang. Rinciannya, 22 dirawat, 320 sembuh dan 43 meninggal. "Sedang untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini juga ada tambahan empat ODP baru. Sehingga jumlah ODP yang masih dipantau menjadi 17 orang," lanjutnya.


Sementara untuk pasien terkonfirmasi positif, hari ini zero penambahan pasien baru. Sehingga jumlah akumulasinya masih tetap 198 orang. "Rinciannya, 21 dirawat, delapan menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan dan desa, 157 sembuh dan enam orang meninggal," jelasnya. 


Sementara peta sebaran pasien positif menurut kecamatan. Dari 21 kecamatan di Kabupaten Magelang, ada 10 kecamatan yang terdapat pasien positifnya. Terbanyak Kecamatan Mertoyudan dengan sembilan pasien, disusul Kecamatan Salaman dan Kaliangkrik, masing-masing lima pasien. Kemudian Kecamatan Secang, ada tiga pasien dan Kecamatan Tegalrejo ada dua pasien. "Untuk lima kecamatan yang lain, meliputi Kecamatan Pakis, Kajoran, Salam, Tempuran dan Kecamatan Grabag, yang masing-masing terdapat satu pasien," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar