HUT Kota Mungkid, PMI Gelar Donor Darah

Dilihat 1244 kali

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-38 Kota Mungkid, PMI Kabupaten Magelang menggelar kegiatan donor darah di Lapangan drh. Soepardi, Rabu (23/3).


Dokter Pelaksana Harian PMI Kabupaten Magelang, Dr. Nurul mengatakan kegiatan donor darah yang diselenggarakan hari ini dalam rangka memperingati HUT ke-38 Kota Mungkid, yang bertujuan untuk kemanusiaan.


"Apalagi sebentar lagi kan bulan puasa. Biasanya saat bulan puasa itu seluruh PMI mengalami defisit sehingga kekurangan stok darah. Jadi saat ini tepat sekali waktunya karena minggu depan sudah menjelang puasa. Mungkin dengan adanya donor darah saat ini bisa menutup kebutuhan satu bulan ke depan," kata Nurul di sela kegiatan donor darah.


Lebih lanjut, Nurul menjelaskan jenis golongan darah tidak bisa menentukan banyak sedikitnya kebutuhan yang diperlukan, namun tergantung jumlah pasien yang membutuhkan darah itu sendiri.


Ia menyebutkan bahwa kebutuhan darah di Kabupaten Magelang sendiri mencapai 500-600 kantong setiap bulan.


"Jadi tidak bisa ditentukan, apa saja golongan darahnya dibutuhkan. Yang jelas sebulan kita membutuhkan sekitar 500-600 kantong," bebernya.


Melalui Surat Pemberitahuan Nomor 451/709/01.03/2022 meminta agar setiap Kepala OPD/Kepala Bagian/Direktur/Pimpinan BUMD mengimbau agar mengirimkan 3 orang untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.


"Supaya apa yang menjadi tujuan kita di HUT Kota Mungkid ini tercapai. Jangan sampai di saat kami punya kegiatan donor darah seperti ini tidak ada yang hadir. Jadi diharapkan setiap instansi minimal 3 orang," harapnya.


Tak hanya ASN yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang saja yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut, tampak beberapa anggota Polri dan TNI pun juga turut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan tersebut.


Pada kegiatan donor darah hari ini telah berhasil mengumpulkan 39 kantong darah.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar