Ketersediaan Kantong Darah di UDD PMI Kabupaten Magelang Kembali Normal

Dilihat 1474 kali
DONOR DARAH. Seorang pendonor darah sedang melakukan proses donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Jumlah kantong darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Magelang kembali normal setelah sempat turun pada bulan puasa tahun ini.

"Sekarang sudah kembali ke 600-an per bulan untuk pendonor darah yang datang. Saat bulan puasa menurun pada angka 400-an.

Kemudian pada bulan Juni hingga sekarang sudah mulai normal di angka 600-an pendonor darah setiap bulannya," terang Staf Teknis UDD PMI Kabupaten Magelang, Yulianto, Senin (11/7/2022).

Yulianto mengatakan, untuk berdonor darah di UDD PMI Kabupaten Magelang buka setiap harinya. Dimana pada pasca masa Pandemi Covid-19 yang sudah mulai menurun jumlah pendonor darah stabil.

"Selain itu kami juga melakukan Donor Darah Mobile dengan menggunakan kendaraan Bus PMI Kabupaten Magelang untuk melakukan jemput bola ke masyarakat.

Yang mana pada setiap bulannya minimal ada delapan hingga 10 kegiatan donor darah mobile," jelas Yulianto.

Untuk permintaan terbanyak kantong darah menurut Yulianto, 70 persen untuk kebutuhan pengobatan penyakit dalam, seperti anemia dan cuci darah yang kebanyakan merupakan warga usia lanjut.

"Untuk kejadian kecelakaan biasanya yang operasi besar yang membutuhkan kantong darah.

Adapun persediaan kantong darah PMI pada hari ini adalah golongan darag A 26 kantong, golongan darah B 47 kantong, golongan darah O 54 kantong, dan golongan darah  AB sebanyakv 19 kantong," tutur Yulianto.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar