Lawan Gondok dengan Pengaturan Pola Makan

Dilihat 8717 kali
Hastin Dyah Kusumawardani, SKM

Bagaimana jika Anda, atau seseorang yang Anda sayangi atau teman Anda, kerabat Anda sedang berjuang hidup dengan Gondok? Depresi, kecemasan, jantung berdebar-debar, perubahan berat badan yang drastis, bahkan masalah pencernaan, keguguran dan sulit hamil mungkin merupakan gejala yang menyertai pada kasus-kasus orang dewasa. Sebetulnya banyak orang yang mengalami kejadian ini tetapi tidak menyadarinya. Namun beberapa akibat buruk yang ditimbulkannya menyebabkan kondisi gangguan tiroid ini harus diatasi. Tidak hanya kekurangan iodium yang menyebabkan pembesaran kelenjar gondok, kelebihan iodium pun bisa menyebabkan pembesaran. 95 persen kasus kekurangan dan kelebihan iodium disebabkan oleh sistem autoimun tubuh yang menyerang tiroid itu sendiri.

Pengobatan adalah hal yang utama harus dilakukan. Pergi ke dokter, periksa laboratorium untuk memastikan apakah gangguan tiroid itu pada kondisi kekurangan iodium (hipotiroid) atau kelebihan (hipertiroid), selanjutnya obat harus diminum secara rutin. Untuk mendampingi proses pengobatan, pengaturan makanan atau diet untuk penderita gangguan tiroid dapat membantu memperbaiki kondisi penderita. Uraian di bawah ini mungkin dapat membantu dalam menjalani diet pada kondisi gangguan tiroid.

Prinsip dalam menjalani terapi untuk gangguan tiroid, yang pertama adalah kualitas makanan, dan yang kedua adalah mengurangi stres. Beberapa langkah dalam diet untuk hipotiroid dan hipertiroid adalah :

Remove : Buanglah makanan yang menjadi racun atau toksik yang dapat menggangu sistem dalam tubuh kita dari dalam susunan menu sehari-hari

Add : Tambahkan makanan dan juga kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat memelihara sistem dalam tubuh kita

Balance : Keseimbangan yang dapat dicapai melalui makanan dan lifestyle atau gaya hidup yang sesuai dengan Anda, karena setiap orang berbeda dan kadangkala solusi untuk masing-masing orang berbeda.

Yang terpenting untuk diketahui adalah upaya penyembuhan untuk gangguan tiroid harus dilakukan secara perspektif holistik, selaras dan seimbang karena tidak ada makanan, vitamin, atau mineral saja yang akan menyembuhkan gangguan tiroid.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam diet untuk gangguan tiroid adalah:

  1. Hindari Gluten
  2. Konsumsi Vitamin D yang cukup
  3. Sumber Goitrogenik
  4. Konsumsi Makanan Hasil Fermentasi
  5. Konsumi Cukup Zat Besi

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar