Layanan KB Gratis Diminati Masyarakat

Dilihat 484 kali
Sambil menunggu layanan KB, seorang ibu membaca buku untuk anak

Layanan KB gratis dengan Metode Kontrasesepsi Jangka Panjang (MKJP), KB IUD dan KB Implan yang dilaksanakan oleh Dinsos PPKB PPPA Kab. Magelang dalam rangka memperingati HUT ke 78 Kemerdekaan RI, sekaligus HUT Kesatuan Gerak PKK Kabupaten Magelang Tahun 2023 melampaui target hingga 153 persen dari yang ditetapkan.


Demikian dikemukakan Kepala Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi, Sabtu (26/8/2023).


Kegiatan layanan yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Festival UMKM Semarak Gemilang di Lapangan Drh. Soepardi Kota Mungkid yang diselenggarakan dari 24 sampai dengan 27 Agustus 2023 itu turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani.


Bela Pinarsi menjelaskan target layanan KB dapat menjangkau 15 orang akseptor KB IUD dan atau Implant. 


“Ternyata realisasi layanan melampaui target, Layanan mencapai 23 akseptor KB. sebelas (11) akseptor IUD dan dua belas (12) akseptor inplant atau tercapai 153 persen," terangnya.


Akseptor KB baru MKJP itu berasal dari Kecamatan Borobudur, Kecamatan Mungkid dan Mertoyudan. Adapun pelaksana kegiatan terdiri dari para bidan dari Puskesmas Kota Mungkid, Mertoyudan 1 dan Mertoyudan 2. Para akseptor KB didampingi oleh para Penyuluh KB dan Kader KB Kecamatan masing-masing.


Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemitraan bersama TP PKK, Dinas Kesehatan dan mitra kerja lainnya, serta dalam rangka meningkatkan kesertaan ber-KB di Kabupaten Magelang khususnya KB MKJP.


Merasa Nyaman


Meskipun layanan KB MKJP dilaksanakan di atas mobil layanan serta di tengah hiruk pikuk festival UMKM semarak Gemilang namun para akseptor baru tersebud dapat menunggu dengan suasana nyaman dan merasa aman serta dapat bercakap cakap satu dengan yang lainnya.


Bahkan pada saat Ketua TP PKK melakukan monitoring kegiatan para ibu ibu muda dapat bercakap cakap memperoleh tambahan motivasi dari Christanti. Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK berharap kesediaan menjadi akseptor semoga dapat jadi contoh bagi yang lain untuk menjadi akseptor MKJP, sehingga dapat mewujudkan keluarga yang sejahtera berdaya saing dan amanah (sedaya amanah) untuk menuju Indonesia emas di tahun 2045.


Didukung Perpustakaan Keliling


Suasana nyaman penyelenggaraan layanan KB pada hari itu didukung oleh Dinas Perpustakan Dan Kearsipan (DISPUSPA) yang yang menyelenggarakan Perpustakakaan Keliling dengan mobil Pusling yang mengambil posisi berdekatan dengan mobil layanan KB.


Dengan posisi berdekatan seperti itu maka akseptor baru KB sambil menunggu layanan dapat membaca buku buku yang disediakan Pusling.


Kenyamanan suasana layanan itu dirasakan oleh seorang akseptor baru, Ny. Anisa Fanriyah dari Desa Wanurejo yang saat itu datang bersama putera keduanya. Sambil menunggu layanan ibu muda tersebut membacakan buku buku cerita yang disediakan Pusling tersebut.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar