Masa Pandemi, Stok Kantong Darah PMI Masih Aman

Dilihat 2907 kali
Warga melakukan donor darah mandiri di UDD PMI Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, kebutuhan kantong darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Magelang terpenuhi setiap bulannya.


Dokter pelaksana UDD PMI Kabupaten Magelang, Nurul Badriyah, mengatakan, terpenuhinya kebutuhan kantong darah tersebut berasal dari pendonor darah baik yang dilakukan secara mandiri maupun mobile. UDD PMI Kabupaten Magelang membutuhkan setidaknya 500 hingga 600 kantong darah setiap bulannya.


Rata-rata setiap harinya lima sampai 10 orang datang ke UDD PMI Kabupaten Magelang untuk donor darah rutin.


“Dan kami juga melakukan donor darah mobile atau jemput bola, bisa 10 hingga 15 kali setiap bulannya ke Kecamatan atau kegiatan sosial lainnya seperti kegiatan SAR atau ke kantor instansi swasta," ucap Nurul, Kamis (17/2).


Dalam setiap kegiatan donor darah dilakukan penerapan prokes ketat baik untuk donor darah mandiri atau donor darah mobile.


"Penerapan prokes ketat menjadi hal yang utama, karena masih pandemi Covid-19. Pernah pada puncak pandemi Covid-19 pada 2021 lalu tidak ada kegiatan donor darah mobile dan kami sempat kekurangan stok kantong darah," ungkap Nurul.


Stok kantong darah UDD PMI Kabupaten Magelang hari ini golongan darah A 19 kantong, B 11 kantong, O 50 kantong, dan AB 23 kantong.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar