MoroBorobudur, Sukses Gabungkan Pertunjukan Tradisional, UMKM Dan Artis Ibukota

Dilihat 1315 kali

BERITAMAGELANG.ID - Cuaca dingin malam itu menunjukkan suhu 16 derajat celsius di Kawasan Borobudur. Namun kondisi tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk hanyut dalam Pagelaran Akbar MoroBorobudur 2023 di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Penonton yang rata-rata berusia remaja turut berjingkrak riang saat Grup TBA (Eks Coboy Junior) melantunkan lagu "Eeeaa". Setelah itu, suasana syahdu dan hening seolah menghipnotis penonton saat penyanyi Tiara Andini tampil memukau dengan beberapa lagu diantaranya adalah "Usai".

"Kita harus bangga, kegiatan Event Moro Borobudur ini sudah masuk dalam Kharisma Event Nusantara. Dan kita berterimakasih sekali kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan berinovasi sehingga MoroBorobudur dapat dilaksanakan kali ini," kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Vinsensius Jemadu, Jumat (8/9).

Menurutnya, masuknya Event MoroBorobudur di dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) setelah melalui kurasi dari ribuan event yang ada di Nusantara. Borobudur sebagai destinasi super prioritas sudah selayaknya masyarakat harus super dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan, sehingga mereka merasa betah dan nyaman datang ke Borobudur dan kawasan sekitarnya. 

"MoroBorobudur ini sudah keempat kalinya dilakukan dan tentunya akan menyajikan penampilan yang menarik sehingga partisipasi semua pihak terus diharapkan tentunya dalam konteks menjaga lingkungan dan kelestarian situs cagar budaya yang ada," lanjutnya.

Disampaikan Vinsen, dalam pemulihan pariwisata , bahkan ekonomi, Event dianggap sebagai sesuatu yang efektif untuk bisa menggeliatkan kembali sektor tersebut.

"Harapannya nanti akhir 2024, pariwisata bisa menjadi salah satu penyumbang lapangan kerja bagi masyarakat," kata Vinsen.

Promotor MoroBorobudur Event Organizer Java Dayu, Oka Zakaria menyebutkan jika sasaran utama Event MoroBorobudur adalah untuk dapat membantu Seniman-seniman dan pelaku UMKM yang ada di Kawasan Borobudur. Bahkan dalam pembukaannya dilaksanakan Kirab Budaya dari Candi Pawon menuju Candi Borobudur dengan melibatkan sekitar 500 seniman lokal.

"Hanya di Moro Borobudur 2023 pengunjung bisa menyaksikan langsung beragam seni musik kontemporer yang unik tiada dua sekaligus melihat keberagaman UMKM yang ada di sekitar area Borobudur," katanya.

Dijelaskan Oka, untuk menarik minat penonton, selain kesenian daerah yang ditampilkan, sederet artis-artis ibukota juga ikut dihadirkan. Diantaranya adalah Ghea Indrawari, Kangen Band, TBA dan puncaknya pada Sabtu 09/09 malam akan menampilkan penyanyi Tiara Andini.

Ketua Forum Rembug Klaster Borobudur, Kirno Prasojo menyampaikan MoroBorobudur merupakan eventnya masyarakat pariwisata di kawasan Borobudur yang sudah dilaksanakan sebanyak 4 kali.  

"Tujuan kami tidak lain adalah memperbanyak event di kawasan Borobudur untuk dapat meningkatkan kunjungan wisata. UMKM lokal juga kita ikutkan untuk dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mereka," kata Kirno.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar