Mudah! Ini 5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Dilihat 47599 kali
Ilustrasi komedo di wajah dan batang hidung yang sering muncul

BERITAMAGELANG.ID -Komedo kerap mengganggu penampilan seorang wanita maupun pria. Bintik-bintik yang muncul di wajahnya membuat ia tidak percaya diri.

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Komedo membandel bisa diobati dengan perawatan alami di rumah.

Cara menghilangkan komedo secara alami yang sering dipilih adalah dengan prosedur ekstraksi komedo. Namun, Anda juga bisa membasmi komedo dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah, lho. Tak hanya lebih praktis, cara alami ini diketahui lebih aman dan minim efek samping. Dengan begitu, wajah halus, bersih, dan bebas komedo pun dapat Anda wujudkan.

Namun, pastikan untuk menggunakan bahan alami ini secara rutin, ya. Jika tidak, efek yang Anda inginkan sulit terjadi. Komedo yang tak kunjung hilang justru bisa menyebabkan masalah yang lebih parah, misalnya, jerawat.

Berikut 5 pengobatan rumahan yang mudah untuk menghilangkan komedo yang bisa Anda coba:

1. Lemon dan Madu

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan adalah lemon.

Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula.
  • Oleskan ramuan tersebut secara merata di tempat-tempat yang terdapat komedo.
  • Setelah itu, pijat dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan selama satu hingga dua menit.
  • Bilas dengan air bersih.

Anda bisa menerapkan cara alami menghilangkan komedo ini sekali seminggu.

2. Lidah Buaya

Tak hanya dapat menjaga kesehatan rambut, lidah buaya juga kerap digunakan untuk memelihara kesehatan kulit wajah. Manfaat ini berasal dari senyawa aktif yang bersifat antiradang dan antikuman di dalamnya, sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyumbat pori-pori wajah.

Anda bisa mengambil gel dari daging lidah buaya, kemudian oleskan ke wajah. Tunggu hingga mengering, kemudian bilas.

3. Putih Telur

Cara membersihkan komedo di muka secara alami bisa memanfaatkan putih telur. Kandungan protein yang pada putih telur tidak hanya ampuh untuk menghilangkan komedo, tapi dapat membuat wajah tampak lebih cerah.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Letakkan putih telur dalam sebuah mangkuk.
  • Tambahkan beberapa tetes perasan lemon.
  • Aduk hingga keduanya benar-benar menyatu.
  • Oleskan campuran ini ke seluruh wajah atau sekitar area yang terdapat komedo.
  • Diamkan selama lima menit atau hingga campuran ini mengering.
  • Setelah mengering, pijat wajah untuk merontokkan olesan.

Ulangi perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Kayu Manis

Sama seperti putih telur, kayu manis dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan lembut. Tidak berhenti sampai di situ, antimikroba dalam kayu manis pun mampu mencegah munculnya jerawat.

Caranya, campur 1 sdt bubuk kayu manis dengan ½ sdt air lemon. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, aplikasikan pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa mengganti air lemon dengan air mawar juga.

5. Oatmeal

Cara menghilangkan komedo secara alami yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan oatmeal. Bahan alami ini mengandung antiinflamasi dan mampu mengurangi produksi minyak serta mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Oatmeal hampir memiliki tekstur seperti scrub, sehingga dapat menjadi alternatif untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk komedo membandel.

Pertama, campur 2 sdt oatmeal, ½ sdt air lemon, ½ sdt madu, dan satu sendok brown sugar. Gosokkan campuran itu pada kulit wajah dengan gerakan memutar selama lima hingga tujuh menit. Selanjutnya, diamkan dulu selama beberapa menit lagi lalu bilas dengan air.

Itulah berbagai cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Jika berbagai cara alami di atas tidak efektif untuk mengatasi komedo yang muncul atau justru kian memburuk, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter agar dapat diberikan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Semoga Bermanfaat.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar