Pembukaan MTQ Kabupaten Magelang Dimeriahkan Pawai Mobil Hias

Dilihat 1834 kali
Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana melepas mobil hias khalifah MTQ tingkat Kabupaten Magelang Sabtu (27/4/2019).

BERITAMAGELANG.ID - Ratusan warga ramaikan kegiatan pawai ta'aruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Kabupaten Magelang tahun 2019.

Pawai tersebut mengawali rangkaian MTQ yang digelar selama satu hari, di Pondok Pesantren Pabelan, Sabtu (27/4/2019).

Pawai taaruf dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana. 

"Bismillahirrohmanirohim, atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang Pawai Taaruf Kegiatan MTQ/STQ/MHQ tahun 2019 kami berangkatkan. Semoga dengan pawai taaruf ini kita Syiarkan generasi qur'ani berprestasi dan cinta NKRI," kata Edy.

Pawai tersebut dimulai dari Lapangan drh. Soepardi Kota Mungkid dengan rute menyusuri jalan protokol Candi Mendut, Ngrajeg dan berakhir di Pondok Pesantren Pabelan yang merupakan lokasi mimbar utama MTQ.

Dalam pawai ta'aruf itu diramaikan oleh mobil hias dan musik rebana dari setiap kontingen. Tidak hanya diramaikan oleh peserta MTQ, namun juga dimeriahkan oleh ratusan masyarakat sekitar.

"Peserta pawai dari 21 Kecamatan dengan dua segmen yakni kafilah lomba MTQ dan MHQ tingkat umum dan pelajar dan 30 mobil kendaraan hias penggembira Masyarakat," kata Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang Mad Sabitul Wafa.

Berbeda dari tahun sebelumnya, menurut Wafa proses lomba kali ini hanya akan digelar selama satu hari dengan 18 majelis.

"Pelaksanaan MTQ dipusatkan di Pabelan dalam rangka membumikan Al Quran dan Insyaallah masyarakat akan ikut mengayuh bagyo (turut senang)," lanjutnya.

Jumlah peserta, imbuh Wafa diperkirakan mencapai ratusan.

"Para peserta perwakilan dari 21 Kecamatan itu, diperkirakan mencapai 700 orang untuk kategori MTQ/MHQ dan STQ," tuturnya. 

Ia menuturkan MTQ ini merupakan salah satu pembentukan karakter generasi penerus mendatang. Dengan pemahaman dan memahami serta mengamalkan Alquran membentuk jiwa dan kepribadian para pelajar semua. 

"Puncak dari lomba ini bukan hanya kejuaraannya namun juga menumbuhkan semangat untuk memupuk diri dan mendalami apa yang ada terkandung dalam Al-Quran itu sendiri," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

1 Komentar

surahmin 06 Juli 2019 07:37
mau nanya pak, berarti mtq ini persiapan untuk mtq nasional sumatra barat 2020 ya pak? sebenarnya saya berkehendak mengikuti mtq kecamatan, tapi kok ngga ada info pers maupun dari pihak kelurahan dan kecamatan ya pak ?Admin: Informasi MTQ bisa ditanyakan ke Kantor Kementerian Agama, bapak. Terima kasih.

Tambahkan Komentar