Pemdes Kalirejo Gelar Pelatihan Pembuatan Blangkon

Dilihat 950 kali
Proses pelatihan pembuatan blangkon di Desa Kalirejo

BERITAMAGELANG.ID - Masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang mengikuti pelatihan membuat blangkon, Rabu (17/11). Kegiatan tersebut digelar di Dusun Krajan Desa Kalirejo setiap hari Rabu.


Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Desa Kalirejo terkait optimalisasi pemberdayaan masyarakat.


"Desa Kalirejo sudah menyandang predikat sebagai Desa Inspirasi. Untuk itu kegiatan pemberdayaan masyarakat harus terus ditingkatkan. Salah satu kegiatannya adalah pelatihan membuat blangkon," kata Agus Prastya, Kepala Desa Kalirejo saat ditemui di lokasi pelatihan, Rabu (17/11).


Menurutnya, blangkon merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa yang harus terus dijaga kelestariannya. Salah satu cara menjaga kelestariannya adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan blangkon kepada generasi muda.


"Untuk anggaran pelatihan itu kita alokasikan dengan Dana Desa. Sudah mulai 2019 kami menyediakan anggaran untuk pemberdayaan, termasuk pelatihan membuat blangkon ini," lanjutnya.


Dedi Panggung Suprabowo selaku mentor pelatihan pembuatan blangkon mengatakan peserta pelatihan itu adalah pemuda-pemudi dan warga di wilayah Desa Kalirejo. 


"Sementara ini materi yang kami berikan berupa pembuatan blangkon gaya Yogyakarta atau Mataraman," kata Dedi.


Dirinya yang juga ASN di Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Magelang mengharapkan kegiatan pelatihan tersebut dapat memberikan keterampilan baru bagi pemuda-pemudi Desa Kalirejo.


"Desa Kalirejo ini juga letaknya tidak begitu jauh dari wilayah Borobudur, sehingga blangkon ini dapat menjadi produk suvenir yang dapat diproduksi secara mandiri. Atau bisa juga menciptakan lapangan kerja pembuatan Blangkon Alusan untuk perlengkapan busana Jawa," jelasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar