Pemkab Magelang Siapkan Karantina Terpusat Pasien Covid-19

Dilihat 3316 kali
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi
BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang menyiapkan tempat karantina terpusat, sebagai antisipasi melonjaknya pasien Covid-19. Tempat yang saat ini sedang disiapkan ada di Puskesmas Pembantu (Pustu) Gulon Salam. 

"Memang benar kita sedang menyiapkan tempat karantina yang terpusat sebagai antisipasi melonjaknya pasien Covid-19," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi yang dihubungi Minggu (6/12/2020).

Nanda mengatakan, selain puskesmas tersebut, juga disiapkan karantina terpusat di laboratorium Kebencanaan Universitas Diponegoro juga di Gulon Salam.

Untuk Pustu Gulon, terdapat 20 tempat tidur. Bila di kedua tempat itu tidak mencukupi, maka ada alternatif lain yakni di sebuah hotel. 

Namun demikian, imbuh Nanda yang juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemkab Magelang akan memaksimalkan terlebih dahulu Rumah Sakit Merah Putih (RSMP). Di rumah sakit ini terdapat sebanyak 67 tempat tidur.

Nanda menambahkan, melonjaknya kasus Covid-19 akhir-akhir ini merupakan hasil tracing kontak erat.

Karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan langkah-langkah antisipasi agar kasus tidak terus melonjak. Diantaranya dengan melaksanakan operasi yustisi tim gabungan disiplin protokol kesehatan secara masif. Kegiatan ini dilaksanakan beserta satgas kecamatan dan desa secara terus-menerus.

Selain itu juga melakukan pembatasan sangat ketat untuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Kita juga akan terus melaksanakan tes swab terhadap kontak erat kasus konfirmasi dan meneruskan screening masif. Juga melakukan pencarian terhadap kontak erat konfirmasi," katanya.

Disisi lain melakukan treatment berupa pelayanan kesehatan, baik pemberian vitamin dan pemantauan isolasi mandiri.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar