Bangun Budaya Literasi Millenial Dengan Ragam Lomba Kreativitas

Dilihat 1816 kali
Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana, SE memberi penghargaan pada Pegiat Literasi di Kabupaten Magelang dalam rangkaian Lomba Bidang Perpustakaan 2019

BERITAMAGELANG.ID - Lomba Bidang Perpustakaan 2019 di Grha Saba Pustaka Kawedanan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah berlangsung meriah. Acara yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang Selasa (26/3) itu mengambil tema 'Ayo Kembangkan Literasi Untuk Kesejahteraan'.


Dalam kegiatan ini Dinas Perpustaakan dan Kearsipan Kabupaten Magelang menggelar beragam lomba kreativitas seperti Duta Baca, Bercerita SD, Menulis Artikel SMA, Bahasa Jawa, menggambar perpustakaan desa, dan mewarnai tingkat PAUD dan TK.


"Kegiatan kali ini sesuai dengan motto 'Sedaya Amanah' Pemerintah Kabupaten Magelang yang di dalamnya mengubah paradigma dari perpus konvensional yakni tempat membaca buku menjadi pusat kegiatan masyarakat, inovasi ilmu pengetahuan, serta pusat studi kebudayaan," kata Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana, SE saat membacakan sambutan Bupati dalam kegiatan tersebut.


Melalui anggaran khusus, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Magelang telah menjadikan Perpusda Muntlan lengkap dengan sarana dan prasarana yang mendukung untuk ruang berekspresi masyarakat.


"Anggaran mencapai Rp 21 milyar dari APBD murni Kabupaten Magelang. Harapannya semua komponen masyarakat semakin antusias berkunjung ke perpustakaan ini untuk berkarya," lanjut Edi.


Saat ini, menurutnya, guna meningkatkan minat literasi di masyarakat, Pemkab Magelang terus mendorong program Perpustakaan Desa di masing masing Pemerintah Desa.


"Selain mendorong jumlah kunjungan ke perpustakaan, kita mendorong Pemerintah Desa agar mengalokasikan Dana Desa untuk pengembangan Perpusdes di wilayah masing-masing agar masyarakat cerdas berkarakter," harapnya.


Lomba ini menjadi ajang kreasi para pejuang dan pegiat literasi di wilayah Kabupaten Magelang. 


"Perpustakaan sebagai sumber informasi belajar dan budaya bangsa. Kabupaten Magelang telah melakukan optimalisasi meningkatkan daya literasi dan peningkatan pelayanan perpustakaan sebagai upaya mewujudkan pemerataan pelayanan informasi," imbuh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Tengah, Priyo Anggoro.


Ia berharap, kemajuan Perpusda Kabupaten Magelang terus berkembang dan menjadi kebanggaan bersama.


"Perpusda Kabupaten Magelang telah maju lomba tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga ke tingkat Nasional dan meraih berbagai penghargaan. Kita memberikan apresiasi dan penghargaan untuk Pemerintah Kabupaten Magelang," ujarnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar