Perpustakaan Muntilan Kembali Buka di Akhir Pekan

Dilihat 1177 kali

BERITAMAGELANG.ID - Usai pandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang kembali membuka layanan pada Sabtu dan Minggu. Layanan itu dibuka kembali sejak 16 September 2023. Demikian disampaikan Kepala Bidang Perpustakaan Dispuspa Kabupaten Magelang, Amroni. 


Amroni menyebutkan layanan Sabtu dan Minggu dibuka pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 13.30 WIB.


"Dulu kebijakan layanan hari Sabtu dan Minggu sudah terlaksana dengan baik. Kemudian ditutup karena untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, setelah kebijakan pandemi covid dinyatakan selesai, layanan Sabtu Ahad pun dibuka kembali," terangnya.


Lebih jauh Amroni menjelaskan layanan Sabtu dan Minggu hanya libur jika bertepatan dengan hari libur nasional. 

Tidak berbeda dengan layanan di hari kerja, layanan Sabtu dan Minggu meliputi peminjaman dan pengembalian buku pinjaman, baca di tempat, referensi, terbitan berkala, ruang bermain anak, dan gazebo.


Amroni menjelaskan kunjungan pemustaka ke perpustakaan pasca pandemi sudah pulih seperti sedia kala. Bahkan pada tahun ini kunjungan pemustaka ditargetkan mencapai 27 ribu.


"Namun, pada September 2023 warga yang datang ke perpustakaan sudah jauh melampaui target tersebut," ungkapnya.


Hingga saat ini dalam memberikan layanan kepada masyarakat, Dispuspa selain memberikan layanan di perpustakaan induk di Jalan Dr. Sutomo Kota Muntilan juga melaksanakan upaya untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat di tempat-tempat yang jauh dari Muntilan, yaitu memberikan layanan perpustakaan keliling ke seluruh wilayah Kabupaten Magelang dengan  menggunakan empat mobil setiap hari. 


Selain itu, saat ini Dispuspa Kabupaten Magelang juga sedang mensosialisasikan aplikasi ePusdaKabMagelang sebagai upaya pengenalan koleksi digital Perpustakaan Kabupaten Magelang. Pengenalan e-book ini akan mempermudah dispuspa memberi pelayanan kepada masyarakat. Sebaliknya juga mempermudah pembaca mengakses buku. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar