PMI Jemput Bola Galang Kantung Darah Dari Masyarakat

Dilihat 1068 kali
Petugas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Magelang, jemput bola mendatangi pendonor darah dengan sistem mobile
BERITAMAGELANG.ID - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Magelang, menggunakan metode jemput bola dalam menggalang kantung darah dari masyarakat, yakni dengan donor darah mobile di tengah masa pandemi Covid-19.

Menurut keterangan Pelaksana Teknis/Petugas laborat UDD PMI Kabupaten Magelang, Susi Setyawati, jemput bola donor darah mendatangi masyarakat atau lembaga dan komunitas. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Untuk donor darah jemput bola (mobile) dengan menggunakan kendaraan UDD PMI Kabupaten Magelang, dalam satu bulannya belum banyak, sekitar satu atau dua kali saja.

Kami masih mengandalkan pendonor darah datang langsung ke UDD PMI Kabupaten Magelang di Muntilan," papar Susi.

Stok kantung darah di UDD PMI Kabupaten Magelang pada Senin (1/2/2021), golongan darah A 23 kantung, golongan darah B 48 kantung, golongan darah O 14 kantung dan golongan darah AB 9 kantung.

Salah satu relawan donor darah, Priyono, warga Sangen Candirejo Borobudur Magelang, mengatakan, dirinya rutin mengundang warga untuk donor darah di tempatnya. Hal ini rutin ia lakukan mulai 11 November 2019.

"Setiap tiga bulan sekali kami mengadakan donor darah. Kebetulan kami mengelola rumah makan Soto Ndlesep Dusun Sangen Candirejo Borobudur, dimana warga dan pengunjung bisa ikut berdonor darah.

Tujuannya selain membantu PMI dalam mencukupi stok kantung darah khususnya di masa pandemi Covid-19 ini, kami juga memotivasi dan mengedukasi pendonor darah baru," jelas Priyono.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar