Pramuka Didorong Bertransformasi Sesuai Kebutuhan Zaman

Dilihat 417 kali
Bunda Pramuka Kabupaten Magelang, Medina Tri Novarasari saat membuka kegiatan Pesta Siaga Cabang Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2024

BERITAMAGELANG.ID - Pada era modern saat ini, Pramuka terus bertransformasi sesuai dengan kebutuhan zaman. Pramuka tidak lagi hanya fokus pada kegiatan-kegiatan luar ruangan, tetapi juga beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tantangan global. 


Dengan kondisi tersebut, diharapkan agar setiap kegiatan yang diselenggarakan dan dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka di Kabupaten Magelang, terus berusaha menjaga dan memperkuat nilai-nilai luhur lokal dan nasional, sambil membuka diri terhadap nilai-nilai universal yang relevan dengan tantangan global yang dihadapi generasi muda saat ini.

Hal itu disampaikan Bunda Pramuka Kabupaten Magelang, Medina Tri Novarasari saat membuka kegiatan Pesta Siaga Cabang Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2024 yang dilaksanakan di halaman depan Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (2/3/2024).

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan Pesta Siaga ini adalah untuk mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, meningkatkan karya dan bakti Gerakan Pramuka bagi masyarakat, serta mempererat hubungan Gerakan Pramuka dengan para pemangku kepentingan," kata Medina. 

Lebih lanjut, Medina mengajak kepada para pemangku kepentingan untuk lebih menaruh perhatian supaya gerakan pramuka di Kabupaten Magelang lebih ditingkatkan, baik dari sisi kemampuan maupun keterampilan bagi para anggota pramuka, melalui berbagai kegiatan yang terarah dan berkesinambungan agar kepramukaan di Kabupaten Magelang dapat ikut andil dalam kancah yang lebih tinggi. 

"Kepada ananda peserta Pesta Siaga, Bunda berharap, kembangkanlah bakatmu, asahlah pikiranmu dan tingkatkanlah terus keterampilanmu demi masa depan bangsa dan negara, serta kejayaan Ibu Pertiwi karena di tanganmulah kelak nasib bangsa dan negara ini ditentukan," pesannya.

“Dengan motto: Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan, dalam berjuang menggapai cita-cita, dilandasi semangat belajar dan tekun berlatih, Insya Allah masa depan kalian akan tercapai,” lanjutnya.

Medina berpesan dan berharap kepada peserta Pesta Siaga, harus bisa mengembangkan dan meningkatkan rasa kekeluargaan, persaudaraan, kerja sama yang baik antar sesama anggota Pramuka dan harus memiliki mental yang kuat, moral yang baik yang terus tertanam dalam hati, mempunyai rasa tanggung jawab, semangat, dan sikap berbakti kepada orang tua dan kakak pembina Pramuka.

Ketua Panitia Penyelenggara Pesta Siaga Kwarcab Magelang, Sriyono menjelaskan tujuan dilaksanakannya Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Magelang tahun 2024 ini sebagai wahana pertemuan besar para pramuka siaga yang menarik, menyenangkan, dan menantang.

Tema dan Motto Pesta Siaga Kwarcab (Kwartir Cabang) Magelang adalah Gesit yang artinya, Gembira, Semangat, Imovatif, Terampil. Dengan Motto "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan". 

Peserta Pesta Siaga Cabang tahun 2024 berjumlah sebanyak 336, terdiri dari 168 siaga putra dan 168 siaga putri dari 21 barung putra dan 21 barung putri. 

Peserta Pesta Siaga yang telah melaksanakan kegiatan dengan baik dan memenuhi syarat berhak mendapatkan penghargaan berupa tropi dan surat tanda penghargaan (piagam). Bagi barung tergiat I, II, III dan harapan I, II, III mendapat tropy Piala tetap.

“Sementara Barung Tergiat I dan II putra dan putri berhak mengikuti pesta Siaga Kwartir Daerah Jawa Tengah Regional 2 yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 25 Mei 2024 di Kwarcab Klaten eks Karesidenan Surakarta," jelas Sriyono.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar