RAPI Siap Bantu Komunikasi Menghadapi Bencana Merapi

Dilihat 3258 kali
Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 04 Kabupaten Magelang dan pengurus lokal se Kabupaten Magelang dalam koordinasi penanggulangan bencana Merapi.

BERITAMAGELANG.ID - Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 04 dan pengurus lokal se Kabupaten Magelang melaksanakan koordinasi terkait penanggulangan bencana Gunung Merapi, di Balkondes Majaksingi Borobudur, Sabtu (7/11/2020) malam.


Ketua RAPI Kabupaten Magelang, Sumardi,

dalam sambutannya mengajak pengurus wilayah dan lokal menggunakan frekuensi resmi RAPI 04 Kabupaten Magelang di 142.620 Mhz dengan baik dan kontinyu agar tepat guna. 


"Bila frekuensi stabil akan baik dan jelas untuk bantuan komunikasi kebencanaan. Termasuk bantuan komunikasi bencana merapi tahun 2020 kali ini,” kata Sumardi.


Anggota Rapi Lokal meliputi Bandongan, Salaman, Mungkid, Muntilan, Dukun, Grabak, Mertoyudan siap terjun menyukseskan bantuan komunikasi.


Sumardi mengatakan, dalam berkomunikasi penanganan bencana harus mengedepankan informasi yang akurat dengan bersumber dari instansi terkait yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang. 


Saat ini sudah tersebar tiga titik pengungsi yang sudah mulai memerlukan bantuan informasi guna memperlancar kebutuhan pengungsi.


"Data sementara yang kami peroleh dari BPBD Kabupaten Magelang untuk lokasi pengungsian di Mertoyudan ada tiga titik, yaitu tempat Pengungsian Balai Desa Deyangan, dengan jumlah pengungsi 126 asal Pengungsi dari Desa Krinjing dusun Trono, Trayem, Pugeran.


Balai desa Banyurojo sejumlah 223 dari desa Paten dusun Babadan 1 Dukun, Balai desa Mertoyudan sejumlah 164 dari Desa Paten dusun Babadan 2 Dukun.


Sumardi menambahkan, RAPI wilayah 04 Kabupaten Magelang di samping siap membantu komunikasi kebencanaan juga sering diperbantukan di event-event besar Kabupaten Magelang seperti pemberangkatan dan pemulangan jamaah Haji, Waisak, gelar budaya Borobudur, olahraga dan lain lain.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar