Satgas Minta Rumah Sakit Tambah Tempat Tidur Pasien Covid-19

Dilihat 1173 kali
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi
BERITAMAGELANG.ID - Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Magelang meminta empat rumah sakit rujukan untuk mengupayakan penambahan tempat tidur pasien Covid-19.

Bed occupancy ratio (BOR) atau keterisian tempat tidur isolasi rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Magelang, sudah mencapai 78,62 persen. Bahkan, ada satu rumah sakit yang telah mencapai 100 persen, yakni Rumah Sakit Syubannul Waton Tegalrejo.

"Empat rumah sakit rujukan pasien Covid-19 antara lain RS Merah Putih, RSUD Muntilan, RS Aisyiyah dan RS Syubanul Waton," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Sabtu (26/6/2021).

Pihaknya juga menyiapkan dua rumah sakit sebagai tempat isolasi terpadu. Yakni Rumah Sakit Candi Umbul Grabag dan Rumah Sakit Bukit Menoreh Salaman. Kapasitas tempat tidur di Rumah Sakit Candi Umbul Grabab tersedia 10 tempat tidur dan di Rumah Sakit Bukit Menoreh Salaman ada 16 tempat tidur.

Nanda yang juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesra menambahkan, Pemkab Magelang juga menyiapkan tambahan dua tempat untuk ruang isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 tanpa gejala. Yakni di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Salaman dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Gulon, Kecamatan Salam.

Ia menjelaskan, di SKB Salaman tempat tidur yang diproyeksikan sebanyak 20  dan di Puskesmas Pembantu Gulon, Salam ada 16 tempat tidur.

"Saat ini masih proses administrasi dan pembiayaan keuangan," terangnya.

Nanda mengungkapkan, kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang hingga saat ini masih cukup tinggi. Untuk itu ia meminta masyarakat Kabupaten Magelang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Disebutkan, berdasarkan data ketersediaan ruang isolasi dan okupansi RS, Jumat (25/6/2021), total tempat tidur (TT) 145 terdiri dari TT bangsal isolasi 125 dan TT ICU/HGU Covid-19 ada 20. Kemudian total pasien dirawat 114 terdiri dari, pasien bangsal 103 dan pasien UCU/HGU ada 11 orang.

Kemudian data kasus COVID-19 di Kabupaten Magelang berdasarkan data per Jumat (25/6), jumlah kasus konfirmasi 12.126 terdiri 982 dirawat atau isolasi mandiri, 10.773 sembuh dan 371 meninggal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar