Semarak PAUD Meriahkan Hari Pendidikan Nasional

Dilihat 5024 kali
Anak-anak mengikuti lomba memasukan air dalam botol melalui spons dalam Semarak PAUD, Sabtu (28/02)

BERITAMAGELANG.ID - Menyambut Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang menggelar Semarak PAUD 2018, yang diikuti ratusan anak se-Kabupaten Magelang, Sabtu (28/04).

"Kegiatan Semarak PAUD 2018 ini juga merupakan salah satu program dari Disdikbud Kabupaten Magelang Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas," ujar Kasi PAUD Disdikbud Kabupaten Magelang, Murni, di sela kegiatan Semarak PAUD 2018 di Kompleks Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang.

Semarak PAUD ini, lanjut Murni, merupakan rangkaian acara yang telah dilaksanakan dari 26 April 2018, yakni uji kompetensi yang diikuti oleh anak-anak TK di seluruh Kabupaten Magelang.

"Tiap Kecamatan ada 13 anak yang mengikuti 6 macam lomba, meliputi bermain sambil bernyanyi, tari kreasi baru ciptaan guru, origami (melipat kertas), melukis, mendongeng, dan menyanyikan lagu nasionalisme," terang Murni.

Sedangkan untuk kegiatan Semarak Paud sendiri, diikuti oleh kelompok anak usia 2-4 tahun, antara lain Kelompok Bermain (KB), Tempat Pendidikan Anak (TPA), dan PAUD.

"Untuk lombanya sendiri juga terdiri dari 6 macam, antara lain, gerak kreativitas, finger painting, mengelompokan biji-bijian, bercerita dengan gambar, menangkap ikan dengan tangan, dan memasukan air ke dalam botol dengan menggunakan spon," terang Murni.

Murni melanjutkan, tujuan utama dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk mengasah kreativitas anak dan juga guru pendampingnya.

"Kalau gurunya kreatif otomatis anak didiknya juga akan kreatif. Tapi kalau gurunya pasif-pasif saja, maka anak didiknya juga nanti pastinya akan kurang kreatif," lanjut Murni.

Selain itu, tambah Murni, kegiatan ini juga untuk melatih kemandirian dan kerjasama anak serta sosialisasi anak dengan sesama.

"Untuk juara 1,2, dan 3 akan mendapatkan trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan, sedangkan untuk juara harapan 1-3, hanya mendapatkan piagam," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar