SMK Negeri 1 Windusari Lepas Puluhan Siswanya Masuk Dunia Kerja

Dilihat 1358 kali
PELEPASAN. Prosesi SMK Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang melepas puluhan siswanya memasuki dunia kerja.

BERITAMAGELANG.ID - Waka Humas/Hubungan Kerja Industri, SMK Negeri 1 Windusari, Drs Suwadi, mengatakan, guna mendorong siswa memasuki dunia kerja dengan lebih siap, pihaknya telah memberikan pembekalan kepada siswa agar lolos dalam psikotes dan wawancara dengan menghadirkan narasumber profesional di bidangnya. Dimana persiapan sudah dimulai sejak kelas 10, dan pembekalan dilakukan hingga siswa lulus.

"Proses persiapan sudah dimulai dari kelas 10, dan pada Januari kemarin, dengan menghadirkan Praktisi HRD dari Artos, untuk latih psikotes dan wawancara," jelas Suwadi, Senin (10/4/2023).

Dimana SMK Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang melepas puluhan siswanya memasuki dunia kerja, dimana sebanyak 344 siswa kelas 12 sekolah tersebut mengikuti proses rekruitmen perusahaan dalam dan luar pulau.

Drs Suwadi, mengatakan, dari 344 siswa tersebut masih dalam proses rekruitmen, dan yang sudah fix diterima adalah 52 siswa. Dari jurusan yang tersedia disekolah tersebut adalah Teknik instalasi tenaga listrik, Teknik permesinan, Teknik kendaraan ringan dan Akutansi.

"Ada yang di USG Ungaran sebanyak 12 siswa, ada yang di PT Indomaret 16 siswa, PT Diametral 11 siswa, Mustika Gold tiga siswa dan lain sebagainya," terang Suwadi.

Suwadi menerangkan, selain masuk ke dunia kerja SMK Negeri 1 Windusari, juga mendorong siswanya untuk bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, melalui Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) dan bisa masuk ke Untidar.

"Sebanyak 17 siswa dapat masuk ke Untidar melalui UTBK, karena kami juga mendorong siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi," papar Suwadi.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Windusari, Samsyah MPd, mengatakan, dirinya bersyukur sudah tercapai sebagian visi misi SMK, dimana melebihi target yang ditetapkan oleh Dirjen Vokasi, dari target 54 persen, realisasi 61 persen lebih siswa dapat terserap masuk dunia kerja.

"Terimakasih kepada bapak ibu guru telah menganatarkan anak-anak masuk dunia kerja sesuai dengan visi dan misi sekolah," ucap Samsyah.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar