Tambah 5, Tapi Sembuh 6 dari Covid-19

Dilihat 1858 kali

BERITAMAGELANG ID - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Selasa (29/9/2020) kembali bertambah. Kali ini ada tambahan lima orang, yang dua diantaranya berasal dari Kecamatan Windusari. Untuk yang lain tersebar di Candimulyo, Mertoyudan dan Mungkid. Meski demikian, kali ini ada enam pasien positif yang dinyatakan sembuh. Mereka tersebar di Kecamatan Salaman dan Grabag yang masing-masing ada dua orang. Untuk yang lain, tersebar di Ngablak dan Bandongan.


"Dengan tambahan lima baru, dan enam sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positif menjadi 549 orang. Rinciannya, 30 dirawat dirumah sakit, 97 isolasi mandiri, 407 sembuh dan 15 meninggal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara peta sebaran pasien positif diwilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 17 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 29 orang. Kemudian Kecamatan Secang dan Candimulyo dengan masing-masing 13 orang. Disusul Kecamatan Salam, Tegalrejo dan Salaman dengan 11, 10 dan 9 orang.


"Untuk Kecamatan Mungkid dan Tempuran, masing-masing ada 7 orang. Kemudian di Grabag dan Bandongan dengan masing-masing 6 orang. Selanjutnya di Kecamatan Muntilan ada empat orang. Untuk Kecamatan Windusari, Sawangan, dan Ngablak ada tiga orang. Sedang di Kecamatan Kajoran, Dukun dan Ngluwar, dengan satu orang," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada tujuh tambahan baru. Dua diantaranya berasal dari Kecamatan Mertoyudan. Untuk yang lain, tersebar di Kecamatan Borobudur, Salam, Tegalrejo, Grabag dan Secang. Kemudian ada satu PDP yang alih status menjadi konfirmasi positif, ia berasal dari Mertoyudan. Meski demikian, ada saat ini ada tiga PDP sembuh, berasal dari Windusari, Grabag dan Candimulyo. "Dengan tambahan tujuh baru, satu alih status ke positif dan tiga sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 540 orang. Rinciannya, 12 dirawat dirumah sakit, 476 sembuh dan 62 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar