Tambah Lagi Empat Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan Enam Pasien Sembuh

Dilihat 1607 kali
ilustrasi tirto.id

BERITAMAGELANG.ID - Dua warga Kecamatan Borobudur, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 Selasa (1/9/2020). Selain keduanya, hari ini juga ada tambahan dua pasien positif dari Kecamatan Mertoyudan dan Secang. Meski demikian, hari ini ada enam pasien positif yang dinyatakan sembuh. Tiga diantaranya dari Kecamatan Mertoyudan, dua Tegalrejo dan seorang warga Kecamatan Salaman.


"Dua warga Borobudur yang dinyatakan positif itu adalah, seorang perempuan usia 55 tahun. Sebelumnya ia kontak dengan anaknya yang pulang dari Jakarta. Satu lagi adalah laki-laki usia 60 tahun. Ia terpapar Covid-19 diduga setelah menjadi penerima tamu nikahan di Kota Magelang dan Temanggung. Dua tambahan lain, adalah perempuan usia 57 tahun warga Mertoyudan. Sebelumnya ia melakukan perjalanan dari Purwodadi. Tambahan pasien positif terakhir, adalah laki-laki usia 55 tahun warga Secang. Ia adalah pelaku perjalanan. Kini keempatnya dirawat di RSUD Tidar Kota Magelang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Untuk enam pasien positif yang sembuh, kata Nanda, terdiri dari laki-laki usia 65 tahun dan perempuan usia 42 tahun warga Tegalrejo. Kemudian tiga warga Mertoyudan, yakni perempuan usia 41 dan 25 tahun serta laki-laki usia 45 tahun. Terakhir adalah seorang laki-laki usia 17 tahun warga Salaman. "Dengan tambahan empat baru dan enam sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positif ada 266 orang. Terdiri dari 13 orang dirawat, 27 menjalani isolasi mandiri, 217 sembuh dan sembilan meninggal," jelasnya.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada tambahan empat orang. Mereka berasal dari Kecamatan Grabag, Bandongan, Salaman dan Tegalrejo. Selain itu juga ada satu PDP yang meninggal, berasal dari Kecamatan Tegalrejo. Meski demikian, ada enam PDP yang sembuh. Empat diantaranya dari Kecamatan Mertoyudan dan Salaman serta masing-masing satu orang dari Kecamatan Borobudur dan Mungkid. "Dengan tambahan empat baru, satu meninggal dan enam sembuh itu, jumlah kumulatif PDP menjadi 468 orang. Terdiri dari 12 orang dirawat, 390 sembuh dan 66 meninggal. Untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini ada lima yang lolos pantau, sehingga kini tinggal lima ODP yang dipantau," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.(Bagio)

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar