Tiga Rumah Rusak Ditimpa Pohon Dan Tertimbun Longsor

Dilihat 746 kali
Tim RC BPBD Kabupaten Magelang bersihkan rumah warga yang tertimpa pohon tumbang

BERITAMEGALANG.ID-Tiga rumah milik warga Magelang rusak tertimpa pohon dan  tertimbun longsor sebagai akibat terjadinya cuaca ekstren yang berlangsung pada 27 April 2024 ini.


Demikian laporan TRC  BPBD Kabupaten Magelang, Dwi Waluyo Yulianto  dan Nur Kosim pada hari Sabtu 27 April 2024.


Dwi Waluyo Yulianto melaporkan 2 rumah warga Dusun Bolong, Desa Salamkanci, Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang rusak akibat ditimpa pohon tumbang yang dihempaskan oleh  hujan deras disertai angin kencang. pada Sabtu (27/4/24) sekitar pukul 17:30 WIB.


Rumah warga yang rusak itu adalah rumah warga bernama Arifin yang dihuni oleh 4 orang anggota keluarga. Satu lagi rumah yang rusak adalah milik seorang Ibu yang tinggal seorang diri.


Disamping menimpa rumah penduduk beberapa pohon  menutup akses jalan di Dusun Bolong, Desa Salamkanci,Kecamatan Bandongan.


Di tempat terpisah anggota TRC BPBD, Nur Khosim melaporkan tentang longsornya sebuah tebing berketinggian kira kira 6 meter dengan panjang 5 meter.


Peristiwa itu, katanya terjadi di Dusun Jurang RT 06 RW 01 Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman pada pukul 03.00 WIB telah mengakibatkan bagian belakang sebuah rumah tertimbun.


Menurut Nur Khosin longsornya tebing itu dipicu oleh  hujan intensitas sedang yang terjadi sebelumnya yaitu terjadi pada tanggal 25 April 2024 petang. Hujan itulah yang menjadi pemicu akan kejadian tersebut. Selanjutnya, longsornya tebing itu menyebabkan bagian belakang rumah milik Kardari 65 tahun rusak. Sebuah rumah yang dihuni 2 KK dengan 9 jiwa yang tinggal di dalamnya.


Lebih jauh hasil kaji sementara yang dilakukan oleh TRC Salaman di lokasi, masih berpotensi terjadi longsor susulan yang mengancam rumah Kardari. Untuk itu memerlukan penangan khusus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dikehendaki.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar