Windusari Deklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan

Dilihat 2638 kali
LEPAS BALON. Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP melepaskan balon tanda peresmian Kecamatan Windusari Stop Buang Air Besar Sembarangan

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP., mengajak masyarakat merawat lingkungan demi ketersediaan air bersih. Hal tersebut disampaikan dalam acara Deklarasi Kecamatan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (SBS) dan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, tingkat Kabupaten Magelang, di Desa Genito Kecamatan Windusari, Jawa Tengah, Senin (29/10). 

"Mencuci tangan dengan air bersih  mengalir dengan demikian kita harus menjaga sumber air bersih yang bersumber dari alam. Oleh sebab itu kita harus merawat alam, menanam pohon yang mampu menampung air untuk musim kemarau. Bumi hanya satu kita jaga untuk anak cucu kita," ujar Bupati. 

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengajak warga berperilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan yang bebas BAB sembarangan dan mengajarkan kepada anak-anak untuk cuci tangan sebelum makan serta aktivitas lainnya. 

"Tugas kita mengantarkan anak-anak cuci tangan, untuk mewujudkan derajat kesehatan hidup sehat, jangan dipandang remeh karena cuci tangan dengan sabun itu dapat menghilangkan sumber penyakit," tandasnya. 

Camat Windusari Syiha Bidin Ashodiqi, S.Sos. menyampaikan strategi tercapainya kecamatan ODF/SBS dengan penggalangan komitmen tingkat kecamatan diikuti semua jajaran lintas sektoral. 

"Peran dari semua kepala desa dan lembaga masyarakat di Desa, serta peran tokoh agama, kader dan PKK. Verifikasi internal oleh verifikator kecamatan dinyatakan lulus, kemudian diversifikasi oleh tim Kabupaten Magelang dinyatakan lulus SBS," kata dia.

Kegiatan tersebut dihadiri Forkompincam Windusari, masyarakat dan siswa sekolah. Selain dilaksanakan deklarasi, juga dilakukan praktik cuci tangan bersama, serta pelepasan balon dan penandatanganan prasasti deklarasi. 

Editor Fany Rachma

1 Komentar

Joko nuryanto 29 Oktober 2018 21:08
Selamat untuk kec windusari semoga diikuti dengan kecamatan yang lain.

Tambahkan Komentar