BPBD Gelar Pelatihan Tim Reaksi Cepat

Dilihat 2292 kali

BERITAMAGELANG.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) di TEA Tanjung Muntilan, Jumat (15/10)


Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti perwakilan TRC setiap kecamatan masing-masing 2 orang.


“Ini adalah kegiatan pertama kali di tahun 2021 untuk menambah ilmu pengetahuan terkait penanganan bencana baik di lapangan maupun secara teori," kata Edi Wasono, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang sesaat setelah membuka acara pelatihan tersebut.


Edi mengharapkan, nantinya sebanyak 48 peserta dari TRC Kecamatan setelah mendapatkan pelatihan mampu bekerja secara maksimal. Menurut Edi, mereka merupakan garda terdepan dalam penyampaian informasi maupun penanggulangan bencana.


“Untuk biaya pelatihan kali ini ditanggung oleh personil BPBD. Termasuk untuk kaos dan akomodasi selama pelatihan. Non APBD," lanjutnya.


Edi menyebutkan materi yang akan diperoleh peserta pelatihan meliputi kesiapsiagaan bencana, Kedaruratan dan Jitupasna atau Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana.


“Saya mengampu dalam materi kebijakan-kebijakan di bidang kebencanaan," jelasnya. 


Rosid (33) salah satu peserta pelatihan dari TRC Kecamatan Salaman mengatakan kegiatan tersebut sangat berguna dan dibutuhkan oleh TRC di setiap Kecamatan.


“Sudah lama tidak ada kegiatan seperti ini. Tentu kegiatan ini dapat meningkatkan kekompakan kami sebagai TRC. Apalagi untuk menghadapi ancaman bahaya di musim hujan yang hampir tiba ini," katanya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar