LAZISMU Siapkan Program Lumbung Pangan

Dilihat 2112 kali

BERITAMAGELANG.ID - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Magelang beinisiatif menyiapkan program lumbung pangan. 


Hal ini menyusul kebijakan pembatasan sosial seperti imbauan untuk bekerja dan beraktivitas di rumah sehingga mengakibatkan berkurangnya mobilitas masyarakat yang akhirnya berdampak pada melemahnya perekonomian. 


Sektor jasa transportasi, pariwisata dan juga industri rumah tangga menjadi contoh sektor kehidupan yang sangat terdampak. Bahkan ada pula Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi karyawan oleh beberapa perusahaan. 


Realitas tersebut mengakibatkan banyak kelompok di masyarakat yang akhirnya kekurangan bahkan kehilangan pendapatannya. 


Demikian disampaikan Ketua Kabupaten Magelang Imron Rosidi di Kantor Lazismu Jalan Magelang – Jogja Km 11 Paremono, Mungkid, Sabtu (11/4/2020).


“Menyelamatkan kehidupan melalui kebijakan pembatasan sosial sebagai upaya mencegah penularan wabah covid-19 memang harus dilakukan karena tidak ada pilihan lain, dampak ekonomi dari kebijakan tersebut yang kemudian harus menjadi perhatian dan dipikirkan solusinya secara bersama-sama,” ujar Imron.  


Secara teknis, saat ini melalui Program Lumbung Pangan, Lazismu mulai mengumpulkan bahan pokok yang nantinya akan disalurkan kepada rumah tangga tidak mampu terdampak kebijakan pembatasan sosial.


“Mulai dari beras, tepung, minyak goreng, gula, mie instan dan juga lauk pauk  nanti akan dikemas dalam 1 (satu) paket,” lanjutnya. 


Lazismu Kabupaten Magelang menerima donasi dalam bentuk barang kebutuhan pokok maupun berupa uang. Donasi berupa uang nanti akan dibelanjakan bahan kebutuhan pokok. Kemudian untuk donasi barang selain kebutuhan pokok akan dilakukan lelang, hasil penjualannya akan langsung dibelanjakan bahan kebutuhan pokok.


Bagi masyarakat yang ingin memberikan donasinya bisa menghubungi nomor 0858 0061 4445 atau 0813 8179 5887. 


“Saatnya saling tolong-menolong dan gotong royong untuk meringankan beban hidup sesama, mari berzakat, berinfak dan bersodaqoh, Lazismu siap menerima dan menyalurkannya kepada masyarakat yang berhak dan membutuhkannya,” tandasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar