Pria Ini Isi Waktu Di Rumah Aja Dengan Koleksi Mainan

Dilihat 2379 kali
Liburan pamdemi Covid 19, kolektor ini berkesempatan lebih banyak waktu merawat mainan koleksinya.

BERITAMAGELANG - Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah mengimbau masyarakat tinggal di rumah. Untuk mengisi kegiatan, salah satunya dengan hobi koleksi mainan.


Reza atau yang dikenal dengan nama Cendol Reza, warga Jambewangi Secang Magelang, mengisi kegiatan di rumah saja dengan bersih-bersih koleksi diecast (miniatur kendaraan) dan action figur yang jumlahnya ratusan.


Selain menjadi kolektor, Reza juga seorang kolekdol, jika ada yang menawar barang koleksinya dengan harga yang cocok, maka akan dilepas demi mendapatkan untung.


"Hobi ini juga merupakan investasi, bisa untuk klangenan dengan cara dipajang, namun bisa juga untuk dijual kembali, terutama yang edisi spesial atau yang barangnya langka," ungkap Reza, Sabtu (18/4).


Saat libur "Corona" ini, Reza mempunyai waktu luang untuk merawat barang koleksinya. Membersihkannya dari debu, atau menata ulang posisi saat dipajang, agar mendapat pemandangan yang fresh.


"Jadi bisa ngelap-ngelap koleksi diecast dan action figur termasuk robot Gundam. Meskipun dipajang di lemari kaca, tetap ada debunya," papar Reza, yang juga mempunyai beberapa koleksi diorama ini.


Reza yang tergabung dalam grup mainan di Facebook "Forum Pecinta Miniatur & Diecast (Forpimda) Magelang Sekitar" sekaligus admin grup tersebut, mengawali hobi koleksi mainan sejak 2014, khususnya koleksi diecast.


"Awalnya koleksi diecast mobil-mobilan, kemudian tahun 2017 mulai merambah ke action figur, seperti Satria Baja Hitam, Naruto, Gundam dan lain-lain," terang Reza, yang nilai koleksinya saat ini hingga puluhan juta.


Adapun untuk harga diecast sendiri mulai harga umum, hingga harga khusus, yaitu untuk merk tertentu harganya cukup merogoh kocek dalam-dalam.


"Brand diecast Hotwheels Gasser pernah laku Rp 8,5 juta, karena itu edisi khusus, belinya Rp 8 juta. Umumnya  untuk diecast merk Hotwheels harganya di toko di bawah Rp 50 ribu," ungkap Reza, yang juga memproduksi rak pajangan diecast ini.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar